Visi dan Misi

31 Januari 2017 19:48:35 WIB

RENCANA PRIORITAS PROGRAM 2016 – 2021

DESA WUKIRSARI

Visi

Visi merupakan pandangan jauh ke depan, ke mana dan bagaimana Desa Wukirsari harus dibawa dan berkarya agar konsisten dan dapat eksis, antisipatif, inovatif serta produktif. Visi adalah suatu gambaran yang menantang tentang keadaan masa depan, berisikan cita dan citra yang ingin diwujudkan, dibangun melalui proses refleksi dan proyeksi yang digali dari nilai-nilai luhur yang dianut oleh seluruh komponen stakeholder’s.

Cita-cita masa depan sebagai tujuan jangka Menengah yang ingin diraih oleh Kepala Desa / Lurah  yang dirumuskan selama 6 tahun kedepan. Cita-cita itulah yang kemudian mengerucut sebagai Visi Kepala Desa / Lurah.  Adapun Visi Kepala Desa / Lurah Desa  Wukirsari periode 2016-2022 (R. Bayu Bintoro, SE.)  adalah sebagai berikut :

 

"Menuju Desa Wukirsari Tahun 2022 yang agamis, berbudaya, sejahtera dan berwawasan lingkungan”

 

Melalui visi ini diharapkan masyarakat menemukan gambaran kondisi masa depan yang lebih baik (ideal) dan merupakan potret keadaan yang ingin dicapai, dibanding dengan kondisi yang ada saat ini. Melalui rumusan visi ini diharapkan mampu memberikan arah perubahan masyarakat pada keadaan yang lebih baik, menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk mengendalikan dan mengontrol perubahan-perubahan yang akan terjadi, mendorong masyarakat untuk meningkatkan kinerja yang lebih baik, menumbuhkan kompetisi sehat pada anggota masyarakat, menciptakan daya dorong untuk perubahan serta  mempersatukan anggota masyarakat.

 

Misi

Misi adalah rumusan umum mengenai upaya-upaya yang akan dilaksanakan untuk mewujudkan visi. Misi berfungsi sebagai pemersatu gerak, langkah dan tindakan nyata bagi segenap komponen penyelenggara pemerintahan tanpa mengabaikan mandat yang diberikannya.

Hakekat misi merupakan turunan dari visi yang akan menunjang keberhasilan tercapainya sebuah visi. Dengan kata lain Misi merupakan penjabaran lebih operatif dari Visi. Penjabaran dari visi ini diharapkan dapat mengikuti dan mengantisipasi setiap terjadinya perubahan situasi dan kondisi lingkungan di masa yang akan datang dari usaha-usaha mencapai Visi desa  selama masa enam tahun.

Untuk meraih Visi Kepala Desa / Lurah desa Wukirsari seperti yang sudah dijabarkan di atas, dengan mempertimbangan potensi dan hambatan baik internal maupun eksternal, maka disusunlah Misi desa Wukirsari sebagai berikut:

 

  1. Menyelenggarakan pemerintahan yang bersih, amanah dan terbuka berorientasi pada optimalisasi pelayanan kepada masyarakat.
  2. Mendorong berkembangnya kualitas sumber daya manusia Desa Wukirsari yang dilandasi nilai‑nilai agama dan nilai‑nilai luhur budaya (saling asih, saling asah dan saling asuh) untuk mewujudkan masyarakat yang maju dan modern dengan landasan moral agama yang punya kepedulian terhadap lingkungan.
  3. Peningkatan sarana dan prasarana dasar untuk menunjang kesejahteraan dan meningkatkan pelayanan publik dengan slogan; senyum, cepat dan tepat.
  4. Memanfaatkan potensi sumber daya alam yang berwawasan lingkungan.
  5. Memberdayakan potensi lembaga keuangan mikro berbasis masyarakat untuk mendorong usaha ekonomi masyarakat.
  6. Memberdayakan masyarakat melalui partisipasi aktif dalam pembangunan.
  7. Mewujudkan lingkungan yang bersih aman, tertib dan nyaman.

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Pengumuman

...Berdasarkan Keputusan Presiden nomor 18 tahun 2018 dan surat edaran Bupati Bantul nomor 021/02616 hari RABU, 27 JUNI 2018 pelayanan desa Wukirsari diliburkan || kirimkan artikel anda (berita/potensi di desa/literasari) ke wukirsari.bantul@gmail.com untuk di publikasikan di website desa....

Transparansi APBDes 2018

Pofil Desa Wukirsari

Lokasi Wukirsari

tampilkan dalam peta lebih besar