Pemerintahan Desa

31 Januari 2017 19:21:23 WIB

Kondisi Pemerintahan Desa

 

Pembagian Wilayah Desa

         Wilayah Desa Wukirsari dengan luas 15.385.504 ha. terdiri dari 16 Dusun, yaitu Dusun Sindet , Singosaren, Manggung, Bendo, Tilaman, Pundung, Kedungbuweng, Karangkulon, Giriloyo, Cengkehan, Nogosari I, Nogosari II, Karangasem, Jatirejo, Dengkeng, dan Karangtalun. Perangkat Desa menurut jenis jabatannya di Desa Wukirsari terdiri dari 1 Lurah Desa, 1 Carik Desa, Kasi Pelayanan, Kasi Kesejahteraan, Kasi Pemerintahan, Kaur Keuangan, Kaur Umum, Kaur Perencanaan, dan 16 Kepala Dusun serta 7 staff. 

 

Struktur Organisasi Pemerintah Desa

        Sebagaimana dipaparkan dalam UU No. 06 tahun 2014 bahwa di dalam Desa terdapat tiga kategori kelembagaan Desa yang memiliki peranan dalam tata kelola Desa, yaitu: Pemerintah Desa, Badan Permusyawaratan Desa, dan Lembaga Kemasyarakatan. Dalam undang-undang tersebut disebutkan bahwa penyelenggaraan urusan pemerintahan di tingkat Desa (pemerintahan Desa) dilaksanakan oleh Pemerintah Desa dan Badan Permusyawaratan Desa. Pemerintahan Desa ini dijalankan untuk mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat setempat berdasarkan asal-usul dan adat istiadat setempat yang diakui dan dihormati dalam sistem pemerintahan di negeri ini. Pemerintah Desa atau yang disebut dengan nama lain adalah kepala Desa dan perangkat Desa sebagai unsur penyelenggara pemerintahan Desa. Lurah Desa mempunyai tugas menyelenggarakan urusan pemerintahan, pembangunan, dan kemasyarakatan.

        Badan Permusyawaratan Desa adalah lembaga yang merupakan perwujudan demokrasi dalam penyelenggaraan pemerintahan Desa sebagai unsur penyelenggara pemerintahan Desa. Badan Permusyawaratan Desa berfungsi menetapkan peraturan Desa bersama Lurah Desa, menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat. BPD berkedudukan sebagai unsur penyelenggara pemerintahan Desa. Anggota BPD adalah wakil dari penduduk Desa bersangkutan berdasarkan keterwakilan wilayah yang ditetapkan dengan cara musyawarah dan mufakat. BPD berfungsi menetapkan peraturan Desa bersama Kepala Desa, menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat.

Susunan Organisasi dan Tata Kerja Pemerintahan

 

No

Nama

Jabatan

1

Bayu Bintoro SE

Lurah Desa

2

Maryanti

Carik

3

Feri Satyawan

Kasi Pem

4

Hardo Junarto

Kasi Kesejahteraan

5

H Turmudi

Kasi Pelayanan

6

Agus Basuki Tapip

Kaur Umum

7

Cahyo Widhihastoro

Kaur Keuangan

8

Tri Estiningsih

Kaur Perencanaan

9

Nur Choironi

Dukuh

10

Arohmad

Dukuh

11

Farit Hermawan

Dukuh

12

Marsudi

Dukuh

13

Suhandri Haruno

Dukuh

14

H Waljiyono

Dukuh

15

Endah Biwanti

Dukuh

16

Isnaini Mutarom

Dukuh

17

M Amruuloh

Dukuh

18

H Wahyono

Dukuh

19

Asngari

Dukuh

20

Dalmuji

Dukuh

21

Hadi Prabowo

Dukuh

22

Hartono

Dukuh

23

Sarjito

Dukuh

24

Wasito

Dukuh

25

Destiana Unsiyah Z

Staf

26

Rian Rinaldi

Staf

27

Marjono

Staf

28

Ari Murti

Staf

29

Bandiman

Staf

30

Saptono

Staf

31

Sumadi

Staf

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Pengumuman

...Berdasarkan Keputusan Presiden nomor 18 tahun 2018 dan surat edaran Bupati Bantul nomor 021/02616 hari RABU, 27 JUNI 2018 pelayanan desa Wukirsari diliburkan || kirimkan artikel anda (berita/potensi di desa/literasari) ke wukirsari.bantul@gmail.com untuk di publikasikan di website desa....

Transparansi APBDes 2018

Pofil Desa Wukirsari

Lokasi Wukirsari

tampilkan dalam peta lebih besar