Sentra Tatah Sungging

01 Februari 2017 15:16:37 WIB

Dusun Pucung Karangasem, Desa Wukirsari, Imogiri, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan desa wisata yang menawarkan suasana yang kental akan budaya jawa.

Pucung karangasem merupakan daerah yang terkenal akan sentra kerajinan tatah sungging kulit terutama wayang. Selain dapat memuaskan mata dengan berbelanja berbagai hasil kerajinan tatah sungging kulit, wisatawan juga dapat ikut belajar dan melihat mengenai proses-proses pembuatan wayang atau kerjinan kulit lainnya dari bahan mentah (kulit sapi atau kerbau) sampai produk jadi. Tatah sungging merupakan seni memahat dan mewarna dalam satu media. Di pucung, media yang digunakan berupa kulit sapi atau kerbau yang biasanya dapat dibuat menjadi wayang.

Dusun ini dulunya hanya memiliki 5 pengrajin, sekarang jumlahnya sudah memiliki 1.060 pengrajin dengan pengusaha pengepul sebanyak 138 orang. Jadi rata rata para pengusaha ini memiliki 5-10 orang pengrajin.

Produk Desa Wisata

1.       Sentra Kerajinan Kulit

Dusun pucung karangasem, merupakan desa yang sudah terkenal akan kerajinan kulitnya. Wayang merupakan salah satu produk kerajinan yang terkenal yang dimiliki oleh dusun ini. Namun tidak hanya itu, selain wayang, produk kerajinan lainnya yang berasal dari kulit dapat berupa kap lampu, pembatas buku, tempat tisu, tempat lilin, kipas, gantungan kunci, hiasan dinding, dan lainnya

2.      Workshop Tatah Sungging

Tatah sungging merupakan seni memahat dan mewarna dalam satu media, sedangkan media itu sendiri di desa ini berupa kulit sapi atau kerbau yang biasanya dapat dibuat menjadi berbagai kerjinan kulit seperti wayang, pembatas buku, kipas, tempat lampu, hiasan dinding dan lainnya.

Di dusun ini, wisatawan dapat mengikuti workshop tatah sungging yaitu belajar proses membuat wayang dengan menatah atau memahat kulit dan juga menyungging atau mewarnai kulit yang sudah dipahat sebelumnya. Workshop tatah sungging tersedia dengan berbagai pilihan paket wisata :

1.   Pelatihan Tatah Sungging

2.   Pelatihan Tatah Sungging + Snack

3.   Pelatihan Tatah Sungging + Snack + Homestay

 

3.       Karawitan

Merupakan pertunjukkan permainan gamelan atau alat musik jawa untuk mengiringi pertunjukan wayang. Lagu-lagu musik gamelan diiringi oleh vokalis wanita yang biasa disebut sindhen, dan vokalis pria yang disebut wiraswara. Di dusun pucung karangasem, selain terdapat produk-produk kerjinan kulit, para wisatawan ditawarkan dengan pertunjukkan seni karawitan. Pertunjukan seni ini biasanya diadakan di dusun karangasem setiap malam sabtu. Selain itu para wisatawan juga dapat ikut belajar mempelajari dan memainkan alat musik gamelan

Komentar atas Sentra Tatah Sungging

Suhartono 15 Februari 2017 06:35:21 WIB
Semoga semakin meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat Desa Wukirsari. Maju terus Pak Fery Satyawan dan Mas Rian

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

REALISASI APBKAL TAHUN ANGGARAN 2023

PESONA DESA WISATA WUKIRSARI

Desa Budaya Wukirsari

APBKAL TA 2024

Profil Desa Wukirsari

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License