Nogosari Gelar Merti Dusun, Wayang Kulit Ki Cermo Hadi Sutoyo

Pelayanan 14 September 2022 09:04:52 WIB

Merti dusun merupakan suatu bentuk rasa syukur masyarakat terhadap Sang Pencipta atas nikmat yang telah diberikan. Merti dusun ini termasuk dalam salah satu budaya yang harus terus dilestarikan, dengan kata lain adat budaya ini harus tetap terjaga eksistensinya. Begitu juga dengan masyarakat Padukuhan Nogosari I & Nogosari II Kalurahan Wukirsari yang telah sepakat dan berkomitmen untuk "Nguri-uri Kabudayan" dengan tetap melaksanakan Merti Dusun setiap tahunnya.
Sabtu (10/9), digelar acara Merti Dusun Padukuhan Nogosari I & Nogosari II yang bertempat di Rumah Kepala Padukuhan Nogosari I dengan mengadakan Pagelaran Wayang Kulit semalam suntuk. Acara yang rutin dilaksanakan setiap tahun ini memiliki kebiasaan pergantian tempat pelaksanaan yaitu antara wilayah Padukuhan Nogosari I maupun Nogosari II, dengan tujuan melestarikan tradisi para leluhur yang terdahulu.
Dalam acara tersebut, turut mengundang Ketua DPRD Kab. Bantul, Panewu Imogiri, Kapolsek Imogiri, Danramil Imogiri, Lurah Wukirsari beserta jajaran Pamong Wukirsari, Kepala Padukuhan se-Wukirsari, Ketua Pokgiat Nogosari I & Nogosari II, tokoh agama, tokoh masyarakat dan masyarakat setempat.
Acara dimulai pukul 20.00 waktu setempat yang diawali dengan doa sebagai pembuka lalu dilanjutkan dengan sambutan-sambutan dan penyerahan wayang kulit secara simbolis dari Pemerintah Kalurahan Wukirsari kepada Dalang Ki Cermo Hadi Sutoyo.
Kemudian acara terakhir yakni Pagelaran Wayang Kulit oleh Ki Cermo Hadi Sutoyo dengan lakon "Tumuruning Wahyu Katentreman".
Antusias warga masyarakat dalam acara Merti Dusun ini sangat luar biasa, terlihat dari banyaknya warga yang hadir pada acara tersebut dan turut mendukung serta berpartisipasi hingga acara usai.


(N. Tria Wijaya & Meta K. Wibi)
Red: D.E. Oktamara

Komentar atas Nogosari Gelar Merti Dusun, Wayang Kulit Ki Cermo Hadi Sutoyo

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

REALISASI APBKAL TAHUN ANGGARAN 2023

PESONA DESA WISATA WUKIRSARI

Desa Budaya Wukirsari

APBKAL TA 2024

Profil Desa Wukirsari

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License