Wukirsari, Sosialisasi Kebijakan Pengelolaan Sampah oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bantul

Media Wukirsari 03 Februari 2023 16:45:37 WIB

Jumat (3/2), Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bantul adakan Sosialisasi Kebijakan Pengelolaan Sampah di Kabupaten Bantul bekerja sama dengan Pemerintah Kalurahan Wukirsari yang merupakan salah satu aspirasi dari Ketua DPRD Kabupaten Bantul yakni Hanung Raharjo, S.T.

Kegiatan bertempat di aula Kantor Kalurahan Wukirsari dimulai pukul 09.00 WIB dibuka dengan doa dan menyanyikan lagu Indonesia Raya bersama. Dalam hal ini Lurah Wukirsari menyampaikan ucapan terima kasih kepada bapak Hanung Raharjo, S.T. yang telah memilih Wukirsari untuk menjadi lokasi sasaran sosialisasi yang merupakan aspirasi dari Ketua DPRD Kabupaten Bantul tersebut.

Hanung Raharjo, S.T., "Semoga dengan adanya sosialisasi seperti ini semakin menambah pemahaman masyarakat terutama yang hadir di sini terkait cara mengelola sampah rumah tangga dan sampah sejenis sampah rumah tangga, yang pastinya bisa bermanfaat untuk masyarakat dan lingkungan sekitar."

 

Narasumber dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bantul menyampaikan materi terkait Pengelolaan Sampah di Kabupaten Bantul. Materi tersebut berdasarkan beberapa Dasar Hukum Pengelolaan Sampah yakni UU No. 18 Tahun 2008 Tentang Pengelolaan Sampah, Perda No. 2 Tahun 2019 Tentang Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga, Perbup Bantul No. 121 Tahun 2021 Tentang Lembaga Pengelola Sampah, Perbup Bupati No. 125 Tahun 2021 Tentang Pedoman Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga dan Instruksi Bupati Bantul No. 25/Instr/ 2022 Tentang Pengurangan Sampah Plastik di Kabupaten Bantul.

Selain itu, pentingnya pengelolaan sampah juga lebih ditekankan seperti TPAS Regional Piyungan saat ini dalam keadaan darurat, sampah merupakan tanggung jawab bersama baik pemerintah maupun masyarakat, pengelolaan sampah yang baik dapat mengurangi dampak buruk bagi kehidupan masyarakat. Peran masyarakat dalam pengelolaan sampah juga disampaikan dengan jelas. 

Acara dilanjutkan dengan tanya jawab dan diakhiri dengan menyanyikan lagu Bagimu Negeri. 

 

 

(N. Tria Wijaya)

Red: D.E. Oktamara

Komentar atas Wukirsari, Sosialisasi Kebijakan Pengelolaan Sampah oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bantul

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Desa Budaya Wukirsari

APBKAL TA 2024

Profil Desa Wukirsari

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License