Apresiasi Tim Media Kalurahan Wukirsari - Pelatihan Teknologi dan Informasi

Media Wukirsari 08 Februari 2023 10:18:34 WIB

SID-Sistem Informasi Desa merupakan seperangkat alat dan proses pemanfaatan yang dikelola oleh Pemerintah Desa untuk mendukung pengelolaan dan pemanfaatan data desa. SID juga sebagai salah satu jalan untuk kemajuan Desa Berkelanjutan. Selasa (7/2), bertempat di Aula Kantor Kalurahan Wukirsari diadakan Pelatihan Teknologi dan Informasi oleh narasumber Ibu Christina Visitasi R, S.IP., MPA. dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kalurahan (PMK) Kabupaten Bantul. Turut hadir dalam acara ini diantaranya Lurah Kalurahan Wukirsari, Carik Kalurahan Wukirsari, Jagabaya Kalurahan Wukirsari, Tim Media Kalurahan Wukirsari, Perwakilan Staf Honorer Kalurahan Wukirsari, dan Perwakilan Pengurus Karang Taruna Budi Luhur Kalurahan Wukirsari. 

Narasumber memaparkan beberapa materi mengenai tugas-tugas pokok tim SID dan melakukan pengecekan terhadap Media Wukirsari diantaranya YouTube, Website, Instagram, Facebook, dan Twitter. Mengenai berita, Tim SID selalu memperbaharuinya yang dikelola langsung dan khusus oleh Tim Media Wukirsari, hanya saja perlu dilengkapi menu lainnya pada Website, untuk pengunggahan berita sudah sinkron antara media sosial satu dengan yang lainnya, artinya sistem pengelolaan Tim SID dan Tim Media Wukirsari juga sudah sangat baik dan beliau memberikan apresiasi kepada Tim SID Wukirsari dan Tim Media Wukirsari karena belum pernah menjumpai di kalurahan lain terkait sistem yang seperti ini. Dalam hal ini SID Kalurahan Wukirsari mendapatkan 2 keuntungan, diantaranya dapat memajukan Kalurahan Wukirsari juga dapat menjadi wadah bagi anak muda yang dikenal dengan sebutan relawan untuk menyalurkan bakat terpendamnya terkhusus di bidang media. SID mendukung program Pemerintah Kabupaten Bantul dalam Program Smart City, artinya ketika sistem pengelolaan dan luarannya bisa berjalan maksimal serta baik akan menjadi sesuatu yang sangat berharga juga dapat menjadi solusi untuk masalah yang ada. Selain sistem, anggaran untuk SID perlu diperhatikan agar dapat memaksimalkan pengerjaan tugas-tugas Tim SID dan Tim Media Wukirsari. 

Lurah Kalurahan Wukirsari menyampaikan, bahwa adanya arahan dan koreksi dari Dinas PMK Kabupaten Bantul terkait pengelolaan SID dan Media Wukirsari akan membawa Kalurahan Wukirsari ini lebih maju, lebih dikenal, dan lebih mendunia. 

Pada akhir acara, narasumber berpesan bahwa sistem yang rapi, terstruktur, dan baik bukan hanya dari SID saja melainkan dari aspek yang lain juga harus diperhatikan. Hal itu akan menjadi kekuatan suatu kalurahan dalam mencapai kemajuan berkelanjutan.

 

 

(Meta K. Wibi & N. Tria Wijaya)

Red: D.E. Oktamara

Komentar atas Apresiasi Tim Media Kalurahan Wukirsari - Pelatihan Teknologi dan Informasi

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

REALISASI APBKAL TAHUN ANGGARAN 2023

PESONA DESA WISATA WUKIRSARI

Desa Budaya Wukirsari

APBKAL TA 2024

Profil Desa Wukirsari

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License