Koordinasi Institut Masyarakat Pedesaan (IMP) se-Kapanewon Imogiri

Media Wukirsari 12 Februari 2023 19:35:42 WIB

IMP merupakan kelompok pembantu tugas Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) dalam meningkatkan keberhasilan dan kesuksesan program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK). Kamis (9/2), bertempat di Aula Kantor Kalurahan Wukirsari diadakan kegiatan koordinasi IMP se-Kapanewon Imogiri dengan peserta kegiatan yakni anggota IMP se-Kapanewon Imogiri yang berjumlah kurang lebih 60 orang. Pada kesempatan ini, disampaikan beberapa informasi seputaran pelayanan KB, Tim Pendamping Keluarga (TPK) untuk stunting, dan persiapan untuk lomba dalam Harganas.


Ibu Nur Khasanah selaku Ketua IMP Kapanewon Imogiri menyampaikan terkait pentingnya perhatian yang lebih dalam penanganan stunting dan pengawasan tumbuh kembang anak. Turut hadir pula dalam kegiatan ini, Bapak Anwari, S.E., M.M. selaku Koordinator PLKB Kapanewon Imogiri yang ikut mengawal dan mendampingi sampai acara selesai.


Mengacu pada informasi yang disampaikan oleh BKKBN mengenai hal-hal yang harus dilakukan orang tua pada 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) diantaranya:
1. Ibu hamil harus mengkonsumsi makanan bergizi selama masa kehamilan
2. Ibu hamil melakukan pemeriksaan minimal 4x selama masa kehamilan
3. Ibu memberikan Inisiasi Menyusui Dini (IMD) Asi Ekslusif selama 6 bulan dan dilanjutkan dengan pemberian Makanan Pendamping ASI (MP-ASI) sampai dengan usia 2 tahun
4. Memperkenalkan makanan bergizi sesuai usia
5. Memberikan stimulasi (rangsangan) kepada anak sesuai dengan usianya dan dipantau
6. Perkembangan anak dengan Kartu Kembang Anak (KKA).

Dengan mengoptimalkan pengasuhan 1000 HPK akan mencegah terjadinya stunting pada anak. Pola kembang asuh anak sangat diperlukan sejak dini (anak dalam kandungan) sampai usia 2 tahun.
Acara diakhiri dengan sesi tanya jawab dan sharing permasalahan ibu hamil dan stunting.


(Meta K. Wibi)
Red : N. Tria Wijaya

Komentar atas Koordinasi Institut Masyarakat Pedesaan (IMP) se-Kapanewon Imogiri

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Desa Budaya Wukirsari

APBKAL TA 2024

Profil Desa Wukirsari

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License