Data Desa Presisi, Wukirsari Jadi Pelopor di DIY

Media Wukirsari 16 Februari 2023 18:44:01 WIB

Data Desa Presisi merupakan data yang memiliki tingkat akurasi dan ketepatan tinggi untuk menggambarkan kondisi aktual suatu desa. Data Desa Presisi (DDP) dapat menjadi acuan dalam ketepatan perencanaan pembangunan desa sekaligus ketepatan dalam pendistribusian bantuan. Di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) ini, baru satu desa/kalurahan yang sedang dalam proses penerapan DDP, yaitu Kalurahan Wukirsari. Kalurahan Wukirsari dapat menjadi pelopor DDP di DIY dengan melihat hasil interpretasi data yang diambil. 

 

Beberapa manfaat adanya DDP yaitu diantaranya: 

1. Dapat mengetahui luas daerah

2. Dapat mengetahui batasan wilayah

3. Dapat mengetahui topografi suatu wilayah

4. Dapat menunjukan potensi yang dimiliki dalam suatu wilayah

5. Dapat mengetahui status penduduk lebih aktual 

6. Dan sebagainya

 

Melihat dari banyaknya jumlah penduduk di Kalurahan Wukirsari, untuk mencakup wilayah pendataannya maka dibutuhkan kurang lebih sebanyak 88 pendata. Bantuan citra drone akan memudahkan dalam pembuatan peta wilayah. 

Turut hadir pada kesempatan ini yakni LPPM IPB sebagai narasumber dalam penyampaian pengenalan DDP yang didampingi oleh Drs. Fauzan Mu’arifin selaku Kepala Bagian Perekonomian, Pembangunan, dan Sumber Daya Alam Sekretariat Daerah Kabupaten Bantul. Narasumber menyampaikan bahwa metodologi DDP ini ditemukan oleh Dr. Sofyan Sjaf yang dimana beliau berasumsi bahwa DDP ini dapat menjadi solusi untuk mengatasi masalah dalam membuat kebijakan terkhusus untuk bidang pembangunan di suatu desa. Bahan dasar yang harus dimiliki untuk perkembangan suatu desa salah satunya adalah data yang aktual. 

Sosialisasi metode DDP ini merupakan inisiasi dari Dr. Rieke Diah Pitaloka S.S., M.Hum. bersama Hanung Raharjo, S T., Ketua DPRD Kabupaten Bantul dan Susilo Hapsoro, S.E., Lurah Kalurahan Wukirsari dengan tujuan dapat mendukung kemajuan pembangunan khususnya di Kalurahan Wukirsari.

 

 

(Meta K. Wibi & N. Tria Wijaya)

Red: D.E. Oktamara

Komentar atas Data Desa Presisi, Wukirsari Jadi Pelopor di DIY

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

REALISASI APBKAL TAHUN ANGGARAN 2023

PESONA DESA WISATA WUKIRSARI

Desa Budaya Wukirsari

APBKAL TA 2024

Profil Desa Wukirsari

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License