Kunjungan Kampung Batik Giriloyo dari SD Muhammadiyah Wirobrajan 3

Media Wukirsari 05 Maret 2023 12:57:26 WIB

Untuk kesekian kalinya, Kampung Batik Giriloyo mendapat kunjungan wisata edukasi. Sebanyak 135 siswa dari SD Muhammadiyah Wirobrajan pada Selasa, (28/2) mengunjungi Kampung Batik Giriloyo untuk belajar membatik. Tujuan mengenalkan batik kepada siswa yaitu agar siswa memahami dan menghargai sebuah karya. Rasa kepedulian akan muncul dengan sendirinya ketika seseorang bisa menghargai sebuah karya, sehingga nantinya ada kemungkinan untuk bisa berkontribusi terhadap upaya pelestarian budaya yang dalam hal ini tentang membatik. Antusias siswa terlihat ketika mereka dikenalkan dengan alat dan bahan membatik seperti canting, wajan kecil, kompor kecil, malam, dan kain.


"Sangat bagus dan unik ya", ujar salah satu siswa SD Muhammadiyah Wirobrajan 3.
Proses pengenalan batik tulis dimulai dari menggoreskan “malam” diatas kain hingga proses pewarnaan.
Di Desa Wisata Wukirsari terdapat banyak tempat wisata sekaligus menjadi tempat edukasi yang dapat dikunjungi salah satunya Kampung Batik Giriloyo. Pengunjung Kampung Batik Giriloyo berasal dari dalam dan luar negeri dengan tujuan wisata maupun kursus membatik. Beberapa waktu lalu, Kampung Batik Giriloyo mendapat kunjungan dari anggota ATF yang merupakan kerja sama regional untuk mempromosikan wilayah ASEAN sebagai salah satu tujuan wisata. Delegasi G20 juga pernah mengunjungi Kampung Batik Giriloyo dalam rangka pertemuan Deputi Lingkungan dan Kelompok Kerja Keberlanjutan Iklim. Selain itu, delegasi Dewan Kerajinan Dunia juga pernah mengunjungi Kampung Batik Giriloyo.


Banyaknya kunjungan wisatawan domestik maupun mancanegara yang silih berganti datang ke Wukirsari, maka visi Wukirsari yakni Wukirsari Berbudaya, Sejahtera, dan Mendunia tentunya akan lekas terpenuhi dengan hebat.


(Meta K. Wibi & N. Tria Wijaya)
Red: D.E. Oktamara

Komentar atas Kunjungan Kampung Batik Giriloyo dari SD Muhammadiyah Wirobrajan 3

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

APBKAL TA 2024

Profil Desa Wukirsari

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License