Wukirsari, menyabet gelar Anugerah Desa Wisata Indonesia Tahun 2023

Media Wukirsari 30 Mei 2023 12:55:01 WIB

ADWI (Anugerah Desa Wisata Indonesia) merupakan salah satu program unggulan penggerak kebangkitan pertumbuhan ekonomi dan pengembangan pariwisata Indonesia yang sedang digalakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia yang telah terselenggara sejak Tahun 2021.

 

Minggu (28/5), Gazebo Batik Giriloyo Kalurahan Wukirsari, Kapanewon Imogiri, Kabupaten Bantul kedatangan tamu dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI.

Ya, Sandiaga Uno Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI menobatkan Desa Wukirsari di Kapanewon Imogiri, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, sebagai salah satu dari 75 Desa Wisata Terbaik berkelas dunia untuk Indonesia Bangkit dalam program Anugerah Desa Wisata Indonesia Tahun 2023 dengan tema Mewujudkan Desa Wisata Berkelas Dunia, Berdaya Saing Global dan Berkelanjutan. Desa Wisata Wukirsari mewakili Kabupaten Bantul dalam acara ADWI (Anugerah Desa Wisata Indonesia) Tahun 2023 tersebut

 

 

Sandiaga Uno saat mengunjungi Gazebo Batik Giriloyo Wukirsari disambut dengan berbagai pertunjukan tari tradisional dan musik gamelan khas Wukirsari. Selain itu, Sandiaga Uno juga belajar membatik dengan Pengrajin Batik Tulis setempat. Dalam kesempatannya, Sandiaga Uno menyampaikan bahwa Kalurahan Wukirsari memiliki wisata yang dapat dikembangkan mulai dari keindahan alamnya, budayanya, produk lokal, dan masih banyak lagi potensi dari Wukirsari yang sangat bisa dikembangkan serta patut dilestarikan. 

 

 

Bupati Bantul H. Abdul Halim Muslih mengatakan, "Kalurahan Wukirsari di tahun 2022 ditetapkan sebagai Desa Wisata berkelanjutan maka sudah sepantasnya ADWI (Anugerah Desa Wisata Indonesia) Tahun 2023 Wukirsari menjadi juaranya". 

 

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi DIY Singgih Raharjo, S.H., M.Ed. mengatakan, "Mewakili Pemerintah Daerah (Pemda) DIY, saya merasa bangga dengan kehadiran Menparekraf di Desa Wisata Wukirsari, Imogiri, Bantul untuk menobatkan langsung Wukirsari sebagai salah satu desa wisata terbaik di Indonesia".  

Singgih juga mengatakan, bahwa Desa Wisata Wukirsari yang mempunyai potensi kerajinan batik tulis ini diharapkan juga dapat mensejahterakan masyarakatnya.

 

Selain beberapa tokoh dan tamu tersebut, turut hadir juga yakni Hanung Raharjo, S.T. Ketua DPRD Kabupaten Bantul, Kwintarto Heru Prabowo, S.Sos. Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, Susilo Hapsoro, S.E. Lurah Wukirsari, Nur Ahmadi Ketua Pengelola Desa Wisata Kampung Batik Giriloyo Wukirsari.

 

 

 

 

(N. Tria Wijaya & Meta K. Wibi)

Komentar atas Wukirsari, menyabet gelar Anugerah Desa Wisata Indonesia Tahun 2023

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

APBKAL TA 2024

Profil Desa Wukirsari

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License