Pentingnya Penguatan Pembaruan Kebangsaan Untuk Generasi Muda

Media Wukirsari 07 Juni 2023 08:15:56 WIB

Jiwa nasionalisme memang harus terjaga. Selasa (6/6/2023) bertempat di Kampung Batik Giriloyo, Desa Wisata Wukirsari, Imogiri, Bantul diadakan Penguatan Pembaruan Kebangsaan dengan sasaran Mahasiswa/i yang sedang kuliah di daerah Kabupaten Bantul. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menguatkan jiwa kebangsaan Mahasiswa/i, bisa melalui budaya juga melalui kesadaran diri.

Keragaman budaya tidak hanya diukur antar provinsi, akan tetapi bisa antar dusun, desa, kecamatan dan sebagainya. Sebagai contoh di Kalurahan Wukirsari, Imogiri, Bantul terdapat beberapa padukuhan yang memiliki karakteristik tersendiri sehingga menambah keragaman budaya di wilayah Wukirsari. Dalam menjalankan acara maupun adat tradisi setiap padukuhan memiliki cara masing-masing. Generasi muda dalam hal ini yang dimaksud adalah Mahasiswa yang memiliki kekuatan penting dalam menjaga keutuhan persatuan di Indonesia. Mudah bersatu tetapi juga mudah dipecah belah, ya itulah anak muda karena memiliki kematangan pemikiran yang berbeda-beda dan sama-sama memiliki ambisi untuk melakukan yang terbaik dengan caranya masing-masing. Penguatan Karakter Kebangsaan sangat dibutuhkan ditengah gemparan kabar dan berita kericuhan yang sedang terjadi.  Lagi lagi generasi muda, cinta tanah air harus tetap tertanam dan akan menjadi dasar dalam menjaga persatuan.

"Kalau bukan generasi muda, lalu siapa lagi yang dapat diandalkan? Banyak harapan untuk masa depan bangsa pada anak muda, tidak melulu tentang hal berat akan tetapi bisa dimulai dari membuang sampah pada tempatnya, menjaga ketertiban, menjaga kerukunan antar umat beragama dan bangga terhadap perjuangan pahlawan", ujar Wakil Bupati Bantul sebagai narasumber dalam acara tersebut.

Dari hal tersebut, rasa cinta tanah air akan tertanam, rasa persatuan akan berjalan menjadi kebiasaan dengan kunci utama saling menghargai. 

Hadir dalam acara ini yakni Ketua FPK Daerah Istimewa Yogyakarta, Wakil Bupati Bantul, Ketua FPK Bantul, Kepala Kesbangpol Bantul, Mahasiswa/i dari seluruh Indonesia yang sedang kuliah di Wilayah Bantul, Perwakilan Pamong Kalurahan Wukirsari, Budayawan dan Pelaku Wisata Kampung Batik Giriloyo.





(Meta K. Wibi & N. Tria Wijaya)

Komentar atas Pentingnya Penguatan Pembaruan Kebangsaan Untuk Generasi Muda

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

REALISASI APBKAL TAHUN ANGGARAN 2023

PESONA DESA WISATA WUKIRSARI

Desa Budaya Wukirsari

APBKAL TA 2024

Profil Desa Wukirsari

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License