Sosialisasi dan Pembentukan Kelompok Jaga Warga

Media Wukirsari 23 Juni 2023 16:07:23 WIB

Rabu (21/6/2023), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Bantul mengadakan Sosialisasi sekaligus Pembentukan Kelompok Jaga Warga. Adapun tujuan dari kegiatan ini diadakan yakni untuk mengemban amanah dari Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat tentang Jaga Warga yang harus dibentuk di semua Wilayah Padukuhan yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta dan tentunya harus dengan memegang teguh keistimewaan Jogjakarta. 

 

Jaga Warga adalah upaya menjaga keamanan, ketentraman, ketertiban dan kesejahteraan serta menumbuhkan kembali nilai-nilai luhur yang ada di masyarakat. Sedangkan Kelompok Jaga Warga adalah lembaga kemasyarakatan yang ditetapkan oleh Kalurahan/Kelurahan atas inisiatif masyarakat yang berada di tingkat Padukuhan/Rukun Warga/Kampung, yang berperan sebagai mitra pemerintah dalam mewujudkan partisipasi aktif masyarakat. 

 

 

Ya, rabu malam tepatnya pukul 20.00 WIB ada 6 Padukuhan di Kalurahan Wukirsari yang menjadi sasaran acara Sosialisasi dan Pembentukan Kelompok Jaga Warga tersebut yakni Padukuhan Bendo, Tilaman, Pundung, Karangkulon, Giriloyo, dan Dengkeng. Dan pada tanggal 24 Juni 2023 juga masih akan dilakukan Pembentukan Kelompok Jaga Warga di Padukuhan Karangasem dan Singosaren. Sedangkan beberapa padukuhan lain di Wilayah Kalurahan Wukirsari ada yang sudah dibentuk Kelompok Jaga Warga di tahun kemarin. 

Kegiatan berlangsung lancar sesuai target yang diharapkan. 

 

 

 

 

 

 

(N. Tria Wijaya & PNJ)

Komentar atas Sosialisasi dan Pembentukan Kelompok Jaga Warga

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

REALISASI APBKAL TAHUN ANGGARAN 2023

PESONA DESA WISATA WUKIRSARI

Desa Budaya Wukirsari

APBKAL TA 2024

Profil Desa Wukirsari

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License