Restorasi Sosial Berbasis Budaya Jawa Mewujudkan Kesejahteraan Sosial

Media Wukirsari 05 Juli 2023 14:53:53 WIB

 

Senin (3/7/2023), bertempat di Joglo Kagungan Dalem Puroloyo Imogiri digelar kegiatan Penguatan Nilai-Nilai Kesetiakawanan Sosial melalui Restorasi Sosial Berbasis Budaya Jawa Mewujudkan Kesejahteraan Sosial yang diselenggarakan oleh Dinas Sosial Provinsi DIY.  

Kegiatan ini dihadiri oleh Drs.H. Suwardi (Anggota Komisi B DPRD Provinsi DIY Bidang Perekonomian dan Keuangan), Prof. Dr. H. KRT Suwarno Dwijonagoro, M.Pd. (Guru Besar Universitas Negeri Yogyakarta), Ketua Persatuan Wredatama RI Kabupaten Bantul, Forkompimkap Imogiri, Lurah Wukirsari, TKSK Imogiri dan Tokoh Masyarakat. 

 

Drs.H. Suwardi menjelaskan akan arti pentingnya nilai- nilai budaya luhur dan jati diri/ kepribadian bangsa yang akan tergerus oleh budaya luar sehingga budaya jawa mengalami degradasi. Beliau juga menyampaikan pesan bahwa dari generasi anak-anak muda sekarang harus dibekali pengetahuan dan pemahaman tentang budaya jawa dalam penerapan kehidupan sehari-hari baik dalam keluarga maupun masyarakat.

 

 

Menurut Prof. Dr. H. KRT Suwarno Dwijonagoro, M.Pd. selaku Guru Besar Universitas Negeri Yogyakarta yang juga sebagai narasumber, beliau mengatakan bahwa Restorasi Sosial merupakan upaya bersama yang diarahkan untuk mengembalikan atau memulihkan kondisi sosial masyarakat yang mengalami degradasi nilai- nilai luhur jati diri/ kepribadian bangsa sehingga dapat mencapai kondisi ideal.

"Budaya Jawa yang saat ini mulai hilang, harus terus kita tumbuhkan agar semakin dikenal oleh anak- anak remaja sehingga dapat dipahami dan dilestarikan", imbuhnya. 

 

"Untuk menjadi wong Ngayogyakarta yaitu harus bisa menerapkan RAJIN (ngapuRAncang, Jempol, ImmaN). Artinya kalau berdiri menghadap orang yang lebih tua, tangan ngapurancang. Kalau menunjukkan sesuatu dengan Jempol. (Inggih, Mangga, Matur Nuwun, Nuwun sewu)", ujar Prof. Dr. H. KRT Suwarno Dwijonagoro, M.Pd. di akhir acara.  

 

 

 

 

 

(N. Tria Wijaya & Meta K. Wibi)

Komentar atas Restorasi Sosial Berbasis Budaya Jawa Mewujudkan Kesejahteraan Sosial

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

REALISASI APBKAL TAHUN ANGGARAN 2023

PESONA DESA WISATA WUKIRSARI

Desa Budaya Wukirsari

APBKAL TA 2024

Profil Desa Wukirsari

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License