Seleksi Pengisian Bamuskal Wukirsari Periode 2024-2030

Media Wukirsari 28 Oktober 2023 18:15:47 WIB

Pemerintah Kalurahan Wukirsari pada bulan Juli lalu telah membentuk Tim Pengisian Badan Permusyawaratan Kalurahan (Bamuskal) Wukirsari untuk periode 2024-2030. Kegiatan ini merupakan agenda pemerintah yang dilaksanakan secara serentak se-Kabupaten Bantul.

Bamuskal adalah suatu lembaga yang berfungsi sebagai perwakilan masyarakat dalam hal perencanaan, pengawasan, dan pelaksanaan pembangunan di tingkat Kalurahan atau Desa. Dalam hal ini, pemilihan terbagi menjadi 2 jenis yakni pemilihan keterwakilan perempuan dan keterwakilan wilayah.

Pemilihan keterwakilan perempuan memiliki tujuan agar kegiatan peningkatan kapasitas perempuan dapat menjadi nomenklatur tersendiri dalam Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) sehingga lebih memudahkan bagi kegiatan Perempuan. Adanya keterwakilan Perempuan ini juga menjadi wadah dalam menyampaikan usulan maupun aspirasi untuk kesejahteraan bersama.

Tahap awal kegiatan seleksi ini yaitu Sosialisasi Pengisian Bamuskal di setiap Padukuhan. Selanjutnya pemilihan keterwakilan perempuan dilaksanakan pada tanggal 29 September 2023 di Joglo Kalurahan Wukirsari. Adapun pemilihan keterwakilan wilayah juga dilaksanakan di Kantor Kalurahan Wukirsari yang terbagi menjadi beberapa waktu, diantaranya:

  1. Senin, 2 Oktober 2023 untuk wilayah pemilihan (wapil) Padukuhan Dengkeng-Karangtalun dan wapil Padukuhan Karangasem-Jatirejo
  2. Selasa, 3 Oktober 2023 untuk wapil Padukuhan Nogosari I-Nogosari II dan wapil Padukuhan Cengkehan-Giriloyo- Karangkulon
  3. Rabu, 4 Oktober 2023 untuk wapil Padukuhan Kedungbuweng-Pundung-Tilaman dan wapil Padukuhan Manggung-Bendo
  4. Jumat, 6 Oktober 2023 untuk wapil Padukuhan Sindet-Singosaren

Tahap lanjutan setelah pemilihan dalam seleksi pengisian Bamuskal Wukirsari diadakan pertemuan untuk penyampaian Hasil Musyawarah Pengisian Bamuskal yang dilaksanakan pada Rabu, 18 Oktober 2023 bertempat di Aula Kantor Kalurahan Wukirsari dengan mengundang sembilan Calon Anggota Bamuskal Terpilih Kalurahan Wukirsari periode 2024-2030.

Seluruh kegiatan berjalan dengan lancar. Proses seleksi juga berjalan dengan transparan dan mufakat untuk memastikan bahwa yang terpilih dapat mewakili kepentingan masyarakat dengan baik.

 

 

 

(Meta K. Wibi, N. Tria Wijaya & Ajie)

Komentar atas Seleksi Pengisian Bamuskal Wukirsari Periode 2024-2030

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

REALISASI APBKAL TAHUN ANGGARAN 2023

PESONA DESA WISATA WUKIRSARI

Desa Budaya Wukirsari

APBKAL TA 2024

Profil Desa Wukirsari

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License