Sentra Batik Tulis

20 Juni 2017 14:45:30 WIB

Ketika Anda ingin mencari kain batik tulis khususnya motif khas Jogja dan Solo (khas Kraton Mataram) dimanakah kampung pengrajin batik tulis yang sangat recommended untuk Anda kunjungi?

Adalah Di Desa Wukirsari tepatnya di kampung Giriloyo, sentra batik tulis terbesar yang berada di tenggara Jogjakarta. Di sini, Anda dan keluarga dapat menemukan batik tulis khas kerajaan Jogja dan Solo yang istimewa.  Bijaksana dan berkharisma.

Tidak sulit menemukan kampung sentra batik tulis  ini. Dari pusat kota atau Kraton Jogja dapat ditempuh dalam waktu sekira 30 menit . Melewati sentra kerajinan perak Kotagede lalu terminal Giwangan terus menuju ke selatan arah makam Raja-raja Jogja dan Solo yang berada di bukit Imogiri.

Dari Kotagede hanya sekira 20 menit untuk sampai ke kampung Giriloyo yang berada tepat berada di kaki bukit makam Raja-raja, itulah makanya, ada hubungan historis warga kampung dengan keluarga kraton. Banyak yang menjadi Abdi Dalem, profesi turun temurun warga di kampung batik. Silahkan melihat peta jalan ke Giriloyo untuk lebih memudahkan perjalanan.

Lalu, apa yang ditawarkan kampung ini? Adalah kain batik tulis asli yang dapat anda beli langsung dari para pengrajin-pengrajin. Anda dapat mencermati, dan bersentuhan langsung dengan batik tulis lebih dekat, Anda dapat menemukan motif klasik seperti Wahyu Tumurun, Sri Kuncoro, Sekar Arum, Siado Asih, Sido Luhur  dan ragam motif pakem yang lain. Dan banyak juga motif kontemporer, dengan sentuhan modern yang semuanya dibuat oleh tangan-tangan terampil dari pengrajin sekitar  yang syarat kehalusan dan keindahan. Dan tentu, semuanya dapat Anda beli untuk melengkapi koleksi.

Kemudian jika Anda dan keluarga ingin pengalaman yang lebih asyik sembari belanja batik. Anda dapat mengikuti kursus batik singkat bersama pengrajin batik tulis. Durasinya sekitar 2 jam, membatik dengan canthing diatas kain kecil dan memproses warna secara sederhana lalu hasilnya dpt dibawa pulang. Jadi seperti eduwisata juga. Lebih mengerti dan mencintai budaya batik.

Komentar atas Sentra Batik Tulis

Yamtana 11 Februari 2019 15:06:24 WIB
Mohon dibantu data jumlah industri batik tulis dan tenaga kerjanya di desa Wukirsari Mohon maaf dan terima kasih

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

REALISASI APBKAL TAHUN ANGGARAN 2023

PESONA DESA WISATA WUKIRSARI

Desa Budaya Wukirsari

APBKAL TA 2024

Profil Desa Wukirsari

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License