Wayang Kulit Dusun Karangasem Perkaya Kerajinan dan Kebudayaan Desa Wukirsari

21 Januari 2019 07:26:10 WIB

Foto: kecamatanimogiri.com


Kerajinan wayang kulit sangat melegenda di Desa Wukirsari khususnya Dusun Karangasem. Kerajinan ini berkembang mulai tahun 1900an, di mana waktu itu ada petinggi Keraton Yogyakarta yang datang ke wilayah pucung yang pada waktu itu masih kelurahan lama. Sebelum kembali ke keraton, beliau menitipkan 2 buah wasiat yaitu wayang kulit dan burung perkutut yang selanjutnya di terima oleh mbah Atmo Kariyo pada waktu itu beliau menjabat lurah dongkol. Kemudian kerajinan wayang kulit diwariskankan kepada anak cucu sampai sekarang dan burung perkutut dilambangkan dengan masyarakat pucung yang mayoritas beternak dan menjual burung. Kerajinan dari kulit sebenarnya bukan hanya wayang saja. Masyarakat juga berkreasi membuat souvenir berbahan dasar kulit kambing seperti kipas, maskot gantungan kunci, kap lampu, pembatas buku, undangan dan hiasan dinding dengan lukisan wayang, hewan, maupun kaligrafi. Selain hal di atas, Dusun Karangasem juga merupakan gudangnya kesenian, ada kethoprak, srandul, mocopat, dan uyon-uyon/lagu langgam jawa di iringi gamelan juga ada dalang cilik yang masih siswa SMP .

Ini hanyalah salah satu dari sekian banyak kekayaan Desa Wukirsari. Berwisatalah di wukirsari dan bawalah oleh-oleh khas Desa Wukirsari. Anda senang, keluarga senang.

(Herbudi desaryanto)

Komentar atas Wayang Kulit Dusun Karangasem Perkaya Kerajinan dan Kebudayaan Desa Wukirsari

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Desa Budaya Wukirsari

APBKAL TA 2024

Profil Desa Wukirsari

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License