Lestarikan Budaya Jawa, Dinsos DIY selenggarakan GERBANG PRAJA (Gerakan Bangga Penggunaan Aksara Jaw

24 Februari 2019 23:48:21 WIB

Di zaman sekarang atau yang sering disebut era milenial, Bahasa Jawa sudah sangat sulit ditemui dalam obrolan kalangan anak muda ataupun anak-anak. Bahasa Jawa krama halus bahkan krama inggil sekalipun nyaris tidak terdengar lagi. Seperti bebatuan yang terkikis air hujan, berlubang dan lama kelamaan akan rusak bahkan pecah dan hilang. Ya, bahasa Jawa pun sama halnya, padahal sejatinya yang namanya nguri-uri kabudayaan itu sudah menjadi tugas dari para generasi muda yang digadang-gadang akan menjadi generasi penerus bangsa, generasi yang mampu merangkul dunia dengan kehebatannya tanpa melupakan budaya.

Miris ketika melihat kondisi seperti itu. Maka, Pemerintah Daerah Dinas Sosial DIY bekerja sama dengan DPRD DIY dan Abdi Dalem Kraton mencetuskan dan menyelenggarakan Program Restorasi Sosial dengan mengangkat tema "GERBANG PRAJA (Gerakan Bangga Penggunaan Aksara Jawa)". Dari tema tersebut dimaksudkan untuk kembali mengingat dan belajar akan pentingnya Bahasa Jawa dan Aksara Jawa terlebih untuk para anak muda generasi penerus bangsa yang adab, etika, sopan santunnya sebagai orang Jawa mulai aus terkikis oleh arus globalisasi dan ketidaksiapan anak jaman sekarang menerima atau mengolah canggihnya teknologi masa kini.

Digelar di Kompleks Balai Desa Wukirsari, jum'at 22 Februari 2019 dimulai dari sesi pertama pukul 13.00 WIB yaitu Sarasehan dengan narasumber Bapak Drs. Untung Sukaryadi, M.M selaku Kepala DINSOS DIY, ibu Tustiyani dari Anggota DPRD DIY, KRT Rinto Isworo dari Abdi Dalem Kraton, serta bertindak sebagai moderator yaitu Drs. Djunaidi. Saat sarasehan berlangsung, banyak sekali tanya jawab dari para peserta yang hadir lalu penjelasan-penjelasan tentang bahasa Jawa secara detail, langsung dari bapak KRT Rinto Isworo yang sudah lama menjadi Abdi Dalem di Kraton Yogyakarta. Sarasehan tersebut dihadiri para undangan kurang lebih 100 undangan terdiri dari unsur Pamong Desa Wukirsari, BPD Wukirsari, Babinsa Wukirsari, Bhabinkamtibmas Wukirsari, Muspika Kec. Imogiri, LKD se Desa Wukirsari, LKD se Kec. Imogiri dan anggota Karang Taruna Desa Wukirsari.
Lalu dilanjut sesi kedua yang dimulai pada pukul 19.30 WIB yaitu acara pengajian yang diisi oleh Ustadz Juminto dan dilanjutkan pentas seni lantunan-lantunan musik pop alternatif EDM dengan lirik-lirik tentang budaya Jawa, kebiasaan Jawa dan parikan-parikan Jawa dari group musik Genk Kobra. Acara berakhir pada pukul 23.00 WIB. Tak lupa pula terselenggaranya acara tersebut juga berkat dukungan dan kerja keras Pengurus Karang Taruna Budi Luhur Wukirsari yang telah menyiapkan tempat, konsep acara dan berbagai macam hal untuk kelancaran acara tersebut.

Semoga dari serangkaian acara tersebut dapat kembali "menggugah rasa sithik edhing lumantar aksara" di kalangan generasi muda jaman sekarang.

(N. Tria Wijayanti)

Komentar atas Lestarikan Budaya Jawa, Dinsos DIY selenggarakan GERBANG PRAJA (Gerakan Bangga Penggunaan Aksara Jaw

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

REALISASI APBKAL TAHUN ANGGARAN 2023

PESONA DESA WISATA WUKIRSARI

Desa Budaya Wukirsari

APBKAL TA 2024

Profil Desa Wukirsari

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License