Desa Wukirsari Juarai Lomba Best of The Best Desa Wisata Kabupaten Bantul Tahun 2019

06 Maret 2019 20:01:11 WIB

Setelah melalui tahap seleksi yang dilaksanakan pada Rabu, 20 Februari 2019, Desa Wukirsari akhirnya keluar sebagai pemenang lomba Best of The Best Desa Wisata Kabupaten Bantul yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, mengalahkan 8 desa lainnya yaitu Desa Wisata Krebet, Desa Wisata Kampung Santan, Desa Wisata Manding, Desa Wisata Kebonagung, Desa Wisata Karangtengah, Desa Wisata Napak Tilas Sultan Agung, Desa Wisata Kaki Langit, dan Desa Wisata Tembi. Keluar sebagai juara kedua yaitu Desa Wisata Kaki Langit, dan juara ketiga Desa Wisata Kampung Santan. Sebagai bentuk apresiasi, pihak penyelenggara memberikan tropi dan sejumlah uang pembinaan bagi ketiga desa tersebut. Desa Wukirsari sebagai juara pertama memperoleh uang pembinaan sebesar 6 juta rupiah, juara II sebesar 5,5 juta rupiah, serta juara III sebesar 5 juta rupiah.

Untuk keluar sebagai juara pada lomba ini tidaklah mudah. Ada beberapa kriteria/sisi yang digunakan dalam penilaian, di antaranya sisi administrasi yang meliputi kepemilikan dan kepengurusan oleh masyarakat (legalitas), kontribusi terhadap kesejahteraan sosial (manfaat bagi masyarakat lokal), kontribusi untuk menjaga dan meningkatkan kualitas lingkungan (keamanan dan keselamatan pengunjung), mendorong terjadinya partisipasi interaktif antara masyarakat lokal dengan wisatawan, jasa perjalanan wisata dan pramuwisata yang berkualitas (aktifitas/paket yang ditawarkan kepada pengunjung), kualitas makanan dan minuman, kualitas akomodasi, kinerja Friendly Tour Operator, daya tarik wisata (kondisi alam), Kemudian profil dari masing- masing desa wisata. Tim juri sendiri terdiri dari Bapak Bobby Ardyanto (ASITA DIY), Bapak Imam Widodo (HPI DIY), Ibu Esti Cemporaningsih, ST., M.Si (PUSPAR UGM), Bapak Octo Lampito (Harian Kedaulatan Rakyat), serta Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul. Turut hadir dalam penilaian tersebut, Sekretaris Dinas Pariwisata Kab. Bantul beserta Kepala Bidang Kapasitas dan Ekonomi Kreatif, Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata Kab. Bantul beserta jajarannya. Dengan diadakannya lomba ini, Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul berharap pengelola desa wisata dapat lebih terotivasi dan selalu melakukan inovasi dalam pengelolaan desa wisata.


(Via Azizah)

Komentar atas Desa Wukirsari Juarai Lomba Best of The Best Desa Wisata Kabupaten Bantul Tahun 2019

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

REALISASI APBKAL TAHUN ANGGARAN 2023

PESONA DESA WISATA WUKIRSARI

Desa Budaya Wukirsari

APBKAL TA 2024

Profil Desa Wukirsari

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License