Bersih Makam Pucung Jelang Merti Dusun

29 Maret 2019 11:37:25 WIB

Bersih makam merupakan bagian dari serangakaian kegiatan pra merti dusun/perti dusun yang diselenggarakan oleh warga masyarakat pucung yang terdiri 4 pedukuhan yaitu:

1. Karang asem
2. Jatirejo
3. Karangtalun
4. Dengkeng
Tradisi merti dusun sudah di laksanakan puluhan tahun lamanya dan oleh masyarakat di pelihara sampai sekarang. Hari ini, Jum'at, 29 Maret 2019 warga berbondong-bondong ke areal makam pucung untuk membersihkan makam para orangtua dan keluarga mereka. Kegiatan ini dimulai pukul 06.00 pagi sampai selesai. Masyarakat Pucung, Wukirsari yang sangat kental dengan budaya leluhur dan tradisi melaksakan kegiatan bersih makam tiap menjelang merti dusun dan menjelang tradisi nyekar.
Kegiatan hari ini termasuk rangkaian acara merti dusun yang akan dilaksanakan pada hari Senin tanggal 01 April 2019 yang pada tahun ini bertempat di dusun Dengkeng, Pucung, Wukirsari, Imogiri, Bantul. Puncak acara hari Senin siang pukul 13.00 dengan acara kirab gunungan dan bergodo prajurit dan malam hari pukul 19.30 pagelaran wayang kulit oleh Ki Seno Nugroho dari Panggungharjo, Sewon, Bantul.

(Hd)

Komentar atas Bersih Makam Pucung Jelang Merti Dusun

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

REALISASI APBKAL TAHUN ANGGARAN 2023

PESONA DESA WISATA WUKIRSARI

Desa Budaya Wukirsari

APBKAL TA 2024

Profil Desa Wukirsari

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License