Guyub Rukun Warga Dengkeng Arak Hasil Bumi Keliling Kampung

02 April 2019 12:33:00 WIB

Lebih dari seribu orang tumpah ruah di kawasan Pasar Burung Pucung/Pasar Desa Wukirsari, Desa Wukirsari, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul pada Senin, 1 April 2019. Mereka berebut gunungan dan jodang berisi hasil hasil bumi dalam perayaan merti dusun dengkeng (pucung). Ada dua buah gunungan yang diperebutkan yakni gunungan putra dan gunungan putri, berisi berbagai buah dan sayur. Sementara tiga buah jodang berukuran sekitar 2x4 meter lebih lengkap lagi isinya diantaranya ada kelapa singkong dan pepaya.

Acara dimulai di Halaman Masjid At-Taqwa Dengkeng, dengan sambutan dari Ketua Panitia Bp Giyono Edi Siswanto. Beliau mengatakan bahwa acara ini diadakan untuk mewujudkan rasa syukur kepada Allah SWT yang telah melimpahkan hasil bumi yang ada dan menjaga silaturahmi dan keguyuban warga terutama dusun Dengkeng dan warga Wukirsari pada umumnya. Sambutan juga disampaikan oleh Wakil Bupati Bantul Bp Abdul Halim Muslih yang mengatakan bahwa bersih dusun merupakan ajang kebersamaan atau guyub rukun yang menjadi modal pembangunan masyarakat Dengkeng menjadi lebih sejahtera. Dilanjutkan dengan doa bersama yang dipimpin oleh K.H. Ahmad Zabidi dari Giriloyo. Kemudian warga melakukan kirab berjalan berkeliling dusun dari Dengkeng, Karangtalun, Jatirejo, Karangasem, dan berhenti di Pasar Desa Wukirsari (Pasar Burung Pucung) lalu diperebutkan diserahkan warga. Para peserfa kirab merupakan bregada masing-masing RT Dusun Dengkeng, TK dan PAUD Pucung, lembaga/kelompok masyarakat, bregada puspitosari desa, paksikaton, dan elemen masyarakat lainnya. Acara kirab ditutup oleh Lurah Desa Wukirsari Bp Susilo Hapsoro, SE dengan menyerahkan Gunungan dan Jodang beserta hasil bumi ke Bp Dukuh Dengkeng Bp Saromi Sarjito dan diperebutkan warga. Acara dihadiri Bp Wakil Bupati Bantul, wakil dari Dinas Kebudayaan Bantul, Bp Idham Samawi Anggota DPR RI, sejumlah anggota DPRD Bantul dan calon anggota legislatif serta calon anggota DPD diantaranya Hanung Raharjo, Nur Subyantoro, Suryono, dan Fidelis Indriarto Diponegoro. Mereka juga mengikuti prosesi kirab mengelilingi kampung. Acara dilanjutkan dengan pertunjukkan wayang kulit semalam suntuk dengan dalang Ki Seno Nugroho dengan lakon "Tumuruning Wahyu Cakraningrat".
Untuk pengamanan dilakukan dari anggota Polsek Imogiri, anggota Koramil Imogiri, anggota Linmas Desa Wukirsari, anggota Garda Pucung dan anggota FPRB Wukirsari.

(Pnj)

Komentar atas Guyub Rukun Warga Dengkeng Arak Hasil Bumi Keliling Kampung

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

REALISASI APBKAL TAHUN ANGGARAN 2023

PESONA DESA WISATA WUKIRSARI

Desa Budaya Wukirsari

APBKAL TA 2024

Profil Desa Wukirsari

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License