Selayang Pandang Tentang SPPR NGUDI MAKMUR

03 April 2019 08:21:09 WIB

SPPR (Serikat Perempuan Pekerja Rumahan) Ngudi Makmur adalah wadah bagi para perempuan yang bekerja di rumah. Mereka mampu membantu ekonomi keluarga dengan bekerja di rumah tanpa meninggalkan keluarga mereka. SPPR yang baru berusia 2 tahun ini beranggotakan 27 orang, yang anggotanya perempuan pekerja yang bertempat tinggal di Dusun Nogosari 1 dan Nogosari 2. Para perempuan pekerja ini melingkupi banyak bidang usaha seperti buruh rajut, pengrajin tatah sungging, penjual makanan keliling, mempunyai warung makan dan ada beberapa dari mereka sudah mulai merintis usaha menjadi produsen kerajinan, seperti kerajinan wayang dan kerajinan sepatu. SPPR Ngudi Makmur juga sudah mengantongi SK dari desa dan Dinaskertrans Bantul. Mereka mulai menjalankan program kerja tahun 2019 ini dengan mulai menambah anggota perempuan pekerja rumahan yang berdomisili di Desa Wukirsari.

Salah satu program kerja tahun 2019 ini adalah mengadakan Sekolah Penguatan Ekonomi khusus anggota SPPR yang sudah mulai merintis usaha sendiri seperti produsen sepatu rajut, pengrajin tatah sungging, pemilik warung makan, dan penjual sayur keliling dan usaha lainnya.
Pada hari Selasa 2 April 2019 di Balai Desa Wukirsari, SPPR Ngudi Makmur dengan didampingi oleh Yayasan Annisa Swasti (Yasanti) dalam rangka memberdayakan perempuan pekerja rumahan mengadakan Sekolah Penguatan Ekonomi bagi para perempuan pekerja rumahan yang sudah memiliki usaha yang diikuti juga 12 orang anggota SPPR Kasih Bunda dari Bangunjiwo. Kegiatan ini direncanakan akan diadakan 5 kali dalam setahun.
Dalam kegiatan tersebut bertindak sebagai Narasumber adalah Ayu Dini Kartika Putri seorang Business Development Manager dari PT Usaha Desa Sejahtera, dngan materi 10 karakter yang harus dipunyai oleh wirausahawan. Penyampaisn materi dilaksanakan dengan lancar dan meriah karena diisi dengan diskusi dan beberapa permainan, tidak lupa beberapa yel-yel penyemangat disematkan agar para peserta tidak bosan. Harapan dengan diadakannya kegiatan ini para perempuan pekerja rumahan dapat lebih mengembangkan usahanya dalam waktu dekat. Aamiin.

(Icha)

Komentar atas Selayang Pandang Tentang SPPR NGUDI MAKMUR

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

REALISASI APBKAL TAHUN ANGGARAN 2023

PESONA DESA WISATA WUKIRSARI

Desa Budaya Wukirsari

APBKAL TA 2024

Profil Desa Wukirsari

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License