POSYANDU LANSIA WREDO UTOMO NOGOSARI 2

07 April 2019 13:29:29 WIB

Keberadaan posyandu lansia sangat membantu kita sebagai masyarakat untuk mempunyai rasa berempati pada orang tua, yang biasanya lebih membutuhkan perhatian lebih karena sudah melewati usia produktif. Posyandu lansia Wredo Utomo Nogosari 2 selalu melaksanakan kegiatan setiap minggu ketiga pada setiap bulannya. Pada hari Sabtu 6 April 2019 Posyandu Lansia Wredo Utomo mengadakan kegiatan yang tidak seperti biasanya. Sejumlah 68 orang lansia dengan dibantu para kader posyandu lansia, mereka kedatangan tamu dari Puskesmas Imogiri 1 untuk menerima penyuluhan Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) dengan narasumber ibu Bidan Etik.

Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) merupakan suatu tindakan yang sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup. 7 langkah Gerakan Masyarakat Hidup Sehat yaitu:
1. Melakukan aktivitas fisik, untuk para lansia dilakukan sebisanya
2. Mengonsumsi 3 porsi sayur dan 2 porsi buah dalam sehari
3. Tidak merokok
4. Tidak mengonsumsi alkohol
5. Memeriksa kesehatan secara rutin
6. Membersihkan lingkungan
7. Menggunakan jamban
Selain penyuluhan Puskesmas Imogiri juga melakukan cek kolesterol, asam urat serta pengawasan bagi lansia resiko tinggi. Semua kegiatan ini tidak dipungut biaya dari puskesmas. Para bapak ibu peserta posyandu lansia mengaku senang atas kedatangan tamu dari Puskesmas Imogiri 1 ini. Mereka berterimakasih atas pengecekan secara cuma-cuma ini. Berdasarkan hasil cek, para lansia yang beresiko tinggi mendapat surat rujukan ke Puskesmas Imogiri untuk penanganan selanjutnya.

(icha)

Komentar atas POSYANDU LANSIA WREDO UTOMO NOGOSARI 2

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

REALISASI APBKAL TAHUN ANGGARAN 2023

PESONA DESA WISATA WUKIRSARI

Desa Budaya Wukirsari

APBKAL TA 2024

Profil Desa Wukirsari

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License