Sadranan Momen Pemersatu Umat

22 April 2019 06:24:33 WIB

Seperti di dusun-dusun lain di Desa Wukirsari, Dusun Sindet pun mengadakan acara Nyadran atau Sadranan. Acara yang sudah turun-temurun itu dilakukan pada hari Minggu tanggal 21 April 2019. Menurut kesepakatan warga, acara diambil pada hari Minggu lepas tanggal setengah pada bulan Ruwah pada kalender jawa.

Acara sadranan adalah momentum pemersatu umat, karena seluruh warga tumpah ruah bersatu di dalam meriahnya acara. Dalam momentum itu biasanya keluarga jauh datang untuk nyekar dan bersilaturahim ke rumah sanak saudara.

Adapun acara sadranan diawali dengan semaan Alquran di Musala Annur pada hari Sabtu.
Kemudian acara berlanjut di malam Minggu dengan zikir tahlil dan pengajian yang diikuti oleh seluruh warga. Zikir tahlil dipimpin oleh H.M. Subarto dan pengajian disampaikan oleh K.H. Khotib Masyhudi pengsuh Pondok Pesantren Fadlun Minallah Wonokromo.
Dalam tausiahnya beliau menyampaikan tentang pentingnya mengaji.

Pada pagi harinya, Minggu 21 April 2019 masih di rangkaian acara sadranan. Kembali di tempat yang sama yaitu halaman makam Sariloyo Sindet, puncak acara berlangsung. Acara dimulai pada pukul 9 pagi, dihadiri oleh seluruh warga. Pada acara tersebut berkenan memberi sambutan Kepala Dukuh Sindet , Nur Choironi. Beliau menyampaikan ucapan terimakasih dan selamat datang. Selanjutnya beliau memberikan informasi mengenai pajak, serta menghimbau warga agar senantiasa menjaga lingkungan terkait mewabahnya penderita demam berdarah.

Sementara ketua LPMD memberi informasi terkait rencana pembangunan di Dusun Sindet. Bahwa fokusnya adalah pengecoran jalan antar RT, pembuatan talut dan melanjutkan jalan lingkar dusun. Beliau juga memaparkan laporan keuangan selama setahun berjalan. Acara di tutup dengan zikir tahlil yang dipimpin oleh Bapak M. Ridwan dan dilanjutkan dengan nyekar bersama.

(Thant)

Komentar atas Sadranan Momen Pemersatu Umat

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

REALISASI APBKAL TAHUN ANGGARAN 2023

PESONA DESA WISATA WUKIRSARI

Desa Budaya Wukirsari

APBKAL TA 2024

Profil Desa Wukirsari

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License