Pengajian Akbar Songsong Ramadan Dusun Manggung

29 April 2019 19:20:53 WIB

"Sapta Muda", begitu Karang Taruna ini biasa diperkenalkan di kalangan umum. Karang Taruna Unit Dusun Manggung ini sudah diresmikan dan dilantik kembali kepengurusannya yang baru pada tahun 2017 lalu. Karang Taruna ini sudah mempunyai berbagai program yang sangat inovatif untuk kemajuan Dusun Manggung. Salah satunya Pengajian Akbar se-Dusun Manggung yang diadakan pada hari Sabtu 27 April 2019 di Joglo Harsoyo RT 05 Manggung, Wukirsari, Imogiri, Bantul dengan tujuan menyongsong datangnya bulan suci Ramadan 1440 H.

Karang Taruna Sapta Muda bekerja sama dengan tokoh-tokoh masyarakat di Dusun Manggung untuk mempersiapkan acara ini. Dengan segala usaha, akhirnya acara pengajian ini dapat terlaksana dengan baik sesuai dengan rencana. Pengajian ini dihadiri oleh Lurah Desa Wukirsari, Dukuh Manggung, Ketua RT 01 sampai RT 07, serta masyarakat se-Dusun Manggung yang berbondong-bondong hadir memenuhi seluruh sudut tempat duduk.

Mencuplik sedikit isi dari sambutan Lurah Desa Wukirsari, Bapak Susilo Hapsoro, S. E., bahwa kita sebagai seorang muslim harus mempersiapkan diri kita, baik jasmani maupun rohani kita dengan matang sehingga dapat menjalankan ibadah puasa selama bulan Ramadan dengan maksimal.

Pengajian yang diisi oleh Ustaz H. Ponijo Ibnu Harto S. Ag., M. Pd. I dari Karang Tengah ini dimulai pada pukul 20.00 WIB. Masyarakat sangat antusias dan ikut berpartisipasi dalam pengajian ini. Diawali dengan pembukaan, Kalam Illahi, Kalimat Tahlil, lalu dilanjutkan pengajian. Kutipan inti dari materi yang disampaikan oleh bapak ustaz ialah orang Islam wajib melaksanakan puasa bila sudah mencapai waktu baligh. Boleh meninggalkan apabila terdapat alasan-alasan tertentu dan harus diganti di hari lain ataupun membayar fidyah. Kita yang akan berpuasa pun harus mempersiapkan 3 F, yaitu Fiqih, Fisik, dan Finansial. Fiqih, ilmu kita untuk lebih memperdalam amalan-amalan kita pada bulan Ramadhan. Fisik, keadaan raga kita, sehat tidaknya badan kita. Finansial, keadaan ekonomi kita untuk menunjang aktivitas atau keperluan kita yang lebih di Bulan Ramadan.
Acara yang dihadiri seluruh masyarakat Dusun Manggung ini usai pada pukul 23.00 WIB, diakhiri dengan doa yang dipimpin oleh Ustaz H. Ponijo Ibnu Harto S. Ag., M. Pd. I , suasana khusyu' dan khidmat pun sangat terasa.

(N. Tria Wijayanti)

Komentar atas Pengajian Akbar Songsong Ramadan Dusun Manggung

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Desa Budaya Wukirsari

APBKAL TA 2024

Profil Desa Wukirsari

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License