Guyub Rukun Wiranem Lupatmo Bersih Musala Nurul Huda

29 April 2019 19:22:02 WIB

"Wiranem" berasal dari bahasa Jawa yang berarti "Kawula Muda" atau "Pemuda-Pemudi". "Lupatmo" juga dari bahasa Jawa yang artinya "Lu : Telu : Tiga, Pat : Papat : Empat, Mo : Limo : Lima". Ya, Lupatmo ini terdiri dari 3 RT yang ada di Dusun Manggung, RT 03, RT 04, dan RT 05 yang lingkup dan wilayahnya saling berdekatan.

Keakraban masyarakat Lupatmo sangat terasa, tak kalah juga Wiranem Lupatmo yang selalu terlihat sangat kompak dalam menjalankan setiap agenda-agenda yang sudah menjadi program rutin bulanan dan tahunan. Salah satunya, agenda bulanan bersih musala yang ada di wilayah Lupatmo yaitu Musala Nurul Huda yang berlokasi di Manggung RT 04 yang selalu digunakan untuk melakukan ibadah pada setiap harinya termasuk saat bulan Ramadan.

Minggu (28/04), seluruh Wiranem Lupatmo yang notabene ada lebih dari 60 pemuda-pemudi, mereka guyub rukun, membaur jadi satu dan saling bekerja sama untuk membersihkan Musala Nurul Huda agar terlihat lebih bersih dan nantinya semakin nyaman jika dipakai untuk ibadah, terlebih ibadah selama bulan Ramadan bulan depan. Kerja bakti dimulai pada pukul 08.00 WIB. Dari membersihkan kaca jendela, menyapu halaman dan belakang musala, mengepel, serta membereskan seluruh perlengkapan-perlengkapan yang masih belum tertata rapi. Itu semua mereka lakukan dengan penuh semangat, dan semua Wiranem Lupatmo bekerja serta saling bantu satu sama lain untuk mempercepat selesainya semua pekerjaan.

Acara ini berlangsung dengan suka cita dan menyenangkan karena satu sama lain dapat bercengkrama seperti keluarga. Alhasil pada pukul 13.00 WIB pekerjaan sudah selesai dan perlengkapan-perlengkapan yang semula belum rapi akhirnya menjadi rapi dan sedap dipandang.

(N. Tria Wijayanti)

Komentar atas Guyub Rukun Wiranem Lupatmo Bersih Musala Nurul Huda

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

REALISASI APBKAL TAHUN ANGGARAN 2023

PESONA DESA WISATA WUKIRSARI

Desa Budaya Wukirsari

APBKAL TA 2024

Profil Desa Wukirsari

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License