Desa Wukirsari Rekomendasi Tempat Wisata Jogja yang Indah dan Murah

17 Mei 2019 09:26:45 WIB

Desa Wukirsari yang berada di Kecamatan Imogiri Kabupaten Bantul D.I. Yogyakarta adalah sebuah desa wisata yang terkenal dengan berbagai macam wisatanya. Berbagai macam wisata itu di antaranya wisata alam, wisata edukasi, wisata kuliner, wisata seni dan kerajinan, dan wisata hobi. Sudah sepantasnya apabila Anda memilih Desa Wukirsari sebagai destinasi wisata pada liburan tahun ini. Sebab, hampir seluruh pedukuhan di wilayah Wukirsari mempunyai tempat wisata yang tak kalah menarik dengan desa yang lainnya. Di samping menarik, tempat-tempat wisata ini juga murah dan aman.

Wisata alam yang ada di Wukirsari antara lain Wisata Dusun Bendo, Bukit Begho di Dusun Kedungbuweng, Bukit Merak, Air Terjun Sewu Watu di Dusun Cengkehan, Taman Singosari di Dusun Singosaren, hamparan sawah di kawasan bulak sawah gede yang membentang dari Dusun Manggung hingga Dusun Nogosari 1, kawasan bulak Gadon, dan terasering yang ada di bulak bolo Dusun Jatirejo.

Wisata religi yang ada di Wukirsari antara lain Makam Raja-Raja Mataram di Pajimatan, Makam Seniman dan Budayawan, dan Makam Sunan Cirebon di Dusun Cengkehan. Wisata edukasi sendiri antara lain Kalen Edukasi Lupatmo di Dusun Manggung, Kalen Tansah Bejo di Dusun Singosaren, dan Pustaka Desa Wukirsari. Kalen edukasi dan pustaka desa banyak menjadi rujukan bagi desa-desa lain, sebab Desa Wukirsari dinilai berhasil menanamkan pendidikan cinta lingkungan melalui kalen edukasi, dan memfasilitasi peningkatan literasi melalui Pustaka Desa Wukirsari.

Selain wisata alam, religi, dan edukasi, Wukirsari juga menjadi surganya wisata kerajinan, seni, dan budaya. Aneka macam kerajinan ada di desa ini, antara lain kerajinan genteng di Dusun Bendo, Kerajinan rajut di Dusun Nogosari 1 dan Nogosari 2, kerajinan kulit di Dusun Karangasem, kerajinan anyaman bambu dan kursi bambu di Dusun Karangtalun, serta kerajinan batik di tiga dusun yaitu Dusun Karangkulon, Giriloyo, dan Cengkehan. Kegiatan seni dan budaya juga marak diadakan di Desa Wukirsari. Anda bisa menyaksikan kesenian gamelan, wayang kulit, selawat jawa, dan lain sebagainya. Adapun wisata kuliner yang bisa Anda kunjungi di antaranya Pasar Tradiaional Sor Jati di Dusun Cengkehan yang buka setiap hari Minggu Legi dan Pasar Kuliner Imogiri Utara di Dusun Bendo dan Manggung. Bagi Anda yang memiliki beberapa hobi seperti beternak burung, di Wukirsari juga ada wisata hobi, antara lain Pasar Burung di Dusun Dengkeng, serta Istana Penangkaran Burung (IPB) di Dusun Karangtalun.

Setelah puas berkeliling tempat wisata, selanjutnya bila Anda ingin bermalam atau beristirahat tidak perlu kawatir karena di Dusun Karangkulon, Giriloyo dan Cengkehan menyediakan homestay yang dijamin nyaman dan aman. Bila Anda akan pulang dan ingin membeli oleh-oleh pun juga sangat mudah. Tersedia berbagai macam oleh-oleh seperti kerajinan dan makanan cemilan kripik gadung khas Desa Wukirsari, kacang mede, dan masakan tradiaional lainnya.
Mari agendakan liburan anda ke Desa Wukirsari, tempat wisata yang indah, murah, aman, dan nyaman! (Herbudi D)

Komentar atas Desa Wukirsari Rekomendasi Tempat Wisata Jogja yang Indah dan Murah

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

REALISASI APBKAL TAHUN ANGGARAN 2023

PESONA DESA WISATA WUKIRSARI

Desa Budaya Wukirsari

APBKAL TA 2024

Profil Desa Wukirsari

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License