TAKBIR KELILING PUCUNG

06 Juni 2019 20:09:09 WIB

Tanggal 1 Syawal 1440 H adalah hari raya idulfitri. Umat muslim di seluruh penjuru dunia mengumandangkan lafal takbir, tasbih, dan tahmid.

Tidak ketinggalan pula umat muslim Pucung, Wukirsari, Imogiri juga mengumandangkan takbir, mengagungkan Asma Allah. Di wilayah Pucung juga diadakan takbir keliling setiap hari raya idulfitri. Acara yang diadakan oleh PPNU/Persatuan Pemuda Nahdatul Ulama Pucung ini rutin diadaka setiap tahun. Begitu pula dengan tahun ini, pada hari Selasa, 04 Juni 2019, pukul 19.30. Star dan finish berada di lapangan SD Pucung. Takbir keliling diikuti oleh 9 kafilah yang berasal dari 4 pedukuhan. Rute takbir keliling mengelilingi wilayah pucung melewati 4 pedukuhan, yaitu:
1. Karangasem
2. Jatirejo
3. Karangtalun
4. Dengkeng
Acara tersebut dihadiri oleh Lurah Desa Wukirsari Bapak Susilo Hapsoro S.E., Carik Desa Wukirsari Ibu Maryanti, Ketua PUIP/Peraatuan Umat Islam Pucung, Wakil Ketua BPD H. Ahmad S.E., dan Babinsa maupun Bhabinkamtibmas Desa Wukirsari. Kepala Dusun dari 4 pedukuhan di Pucung dan para Ulama Pucung juga hadir pada acara ini. Dalam sambutannya Lurah Desa Wukirsari Bapak Susilo Hapsoro S.E., mengatakan, Pemerintah Desa Wukirsari memberikan apresiasi terhadap kegiatan tersebut dan memohon doa restu maupun bantuan dari warga guna mewujudkan Wukirsari yang lebih maju dalam segala bidang baik pembangunan fisik maupun non fisik. Sambutan lurah desa diakhiri dengan penyerahan piala bergilir, yang pada tahun lalu diraih oleh Musala Al Ikhlas RT 02 Karangtalun, sekaligus pemberangkatan khafilah peserta takbir keliling. Pemberangkatan peserta di mulai pukul 21.00 dan kembali lagi ke finish pukul 23.00. Pada kesempatan ini piala bergilir diperoleh Masjid Alhuda Pucung.
Sistem pemilihan peraih piala bergilir pada takbir keliling yang diadakan di Pucung tidak dilakukan dengan penilaian, akan tetapi secara undian dengan undian pertama mendapatkan doorprize satu ekor kambing dan piala bergilir. Doorprize kambing juga diberikan untuk juara 2-3.
Guna memperlancar acara takbir keliling panitia menerjunkan komunitas GARDA pucung dibantu oleh Babinsa dan Bhabinkamtibmas Desa Wukirsari, sehingga acara berjalan sukses, aman, dan tertib dari awal hingga selesai.

(Herbudi desaryanto)

Komentar atas TAKBIR KELILING PUCUNG

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

REALISASI APBKAL TAHUN ANGGARAN 2023

PESONA DESA WISATA WUKIRSARI

Desa Budaya Wukirsari

APBKAL TA 2024

Profil Desa Wukirsari

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License