Para Calon Dukuh Ikuti Pembekalan Calon Pamong Desa Wukirsari

06 Juli 2019 20:27:18 WIB

Kamis (4/7), Aula Balai Desa Wukirsari penuh dengan aura semangat dari para calon dukuh yang sudah mendaftarkan diri dan lolos seleksi administrasi yang diselenggarakan oleh Panitia 7 Pengisian Pamong Desa Wukirsari bentukan dari Lurah Desa Wukirsari. Ya, Pembekalan Calon Pamong Desa Wukirsari dimulai pada pukul 20.15 WIB dan dibuka oleh pembawa acara yang merupakan salah satu anggota panitia 7.

Acara tersebut dihadiri Bapak Edy M Kabag Administrasi Pemerintah Desa Kab. Bantul, Bapak Suparman Kasubbag Hukum Setda Kab. Bantul, Danramil Kec. Imogiri, Kapolsek Kec.Imogiri, Lurah Desa Wukirsari, Carik Desa Wukirsari, Panitia 7 Pemilihan Pamong Desa Wukirsari, 16 Bakal Calon Pamong Desa Wukirsari, Babinsa Wukirsari dan Bhabinkamtibmas Wukirsari.

Sambutan sekaligus prolog disampaikan oleh Bapak Sutrisno, M.Pd. selaku Ketua Panitia 7 Pengisian Pamong Desa Wukirsari untuk mengawali inti acara pada malam tadi. Beliau menyampaikan beberapa hal terkait kesiapan dan apa-apa saja yang diperlukan pada saat pelaksanaan ujian. Beliau juga memiliki harapan nantinya dukuh yang terpilih itu benar-benar murni hasil ujian tanpa ada intervensi sama sekali.

Lurah Desa Wukirsari, Susilo Hapsoro, S.E. dalam sambutannya beliau meminta arahan dari beberapa narasumber dalam acara tersebut untuk membekali para peserta atau calon pamong agar lebih siap menjalani ujian dan memahami bagaimana peran dukuh setelah terpilih nanti. Beliau juga memiliki harapan nantinya dukuh terpilih bisa memiliki kapasitas kapabilitas yang berintegritas tinggi untuk mengabdi di masyarakat, amanah, serta mampu membawa Wukirsari lebih baik lagi.
"Ya, jika sudah lolos dan diterima sebagai dukuh silakan langsung beradaptasi sebagaimana tupoksinya dan bagi yang tidak lolos diharapkan untuk tetap mendukung apa saja yang menjadi tujuan dari Wukirsari. Karena tanpa kerjasama yang baik dari berbagai elemen masyarakat, pembangunan di Desa Wukirsari akan terhambat", kalimat penutup dari Lurah Desa Wukirsari.

Dra. Sri Khayatun selaku Camat Kec. Imogiri sebagai narasumber pertama menyampaikan, " Semoga nanti dukuh yang terpilih betul betul kapabel dan mumpuni. Jangan pernah ragu atau takut karena dalam setiap kompetisi pasti ada menang kalah. Semua sudah ada garisnya. Jika kalahpun diharapkan bisa legowo. Monggo semuanya dipersiapkan diupayakan dan niat positif".

Narasumber kedua yaitu Kabag Administrasi Pemerintah Desa Kab. Bantul yakni bapak Edy M, beliau menyampaikan dan memberikan apresiasi yang luar biasa kepada masyarakat Wukirsari terutama Dusun Cengkehan, Jatirejo, dan Karangtalun bahwa antusiasme dari mereka untuk menjadi Pamong Desa luar biasa terlebih kebanyakan generasi muda. Beliau juga mengatakan bahwa pihak ketiga dan panitia harap cermat dalam pemberian hasil atau hal lainnya dan juga transparan.Dan semoga apa yang sudah dibangun nanti bisa benar-benar dilaksanakan di Wukirsari.

Beberapa pertanyaan dari peserta atau calon pamong pun muncul, yang tentunya tidak lepas dari keterkaitannya dengan pelaksanaan ujian pamong desa. Bapak Suparman selaku Kasubbag Hukum Setda Kab.Bantul dengan gaya khasnya yang sedikit bercanda namun tetap berbobot dan memiliki dasar, beliau menjawab beberapa pertanyaan dari calon pamong tersebut.

Sebelum menginjak acara terakhir, Danramil Kec. Imogiri yakni Bapak Surono, memberikan wejangan-wejangan tentang seorang pemimpin. Yaitu, pemimpin itu harus bisa jadi teladan di tempat yang dipimpinnya, pemimpin itu harus memiliki senjata yang ampuh seperti mampu menyelami, menghubungi, mempengaruhi, dan mengajak.

Banyak hal dan juga bekal yang telah disampaikan dari beberapa narasumber tersebut dengan harapan para calon pamong desa atau calon dukuh lebih siap dalam menghadapi ujian calon pamong desa yang akan dilaksanakan pada tanggal 6 Juli 2019 di Balai Desa Wukirsari.

(N.Tria Wijayanti)

Komentar atas Para Calon Dukuh Ikuti Pembekalan Calon Pamong Desa Wukirsari

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Desa Budaya Wukirsari

APBKAL TA 2024

Profil Desa Wukirsari

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License