Peningkatan Keterampilan dan Kualitas Penanggulangan Bencana Alam

11 Juli 2019 20:13:42 WIB

Potensi bencana alam di Kabupaten Bantul sangatlah banyak. Mulai dari tanah longsor, banjir, kebakaran, dan sebagainya. Untuk itu, warga masyarakat perlu memiliki wawasan kebencanaan yang lebih agar dapat menanggulangi bencana jika sewaktu-waktu terjadi.

Pada tanggal 10 dan 11 Juli 2019, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bantul mengadakan diklat mengenai kebencanaan di Balai Desa Wukirsari. Tujuan dari diklat ini adalah untuk meningkatkan keterampilan dan kualitas penanggulangan bencana alam bagi masyarakat, khususnya relawan.

Materi diklat dibagi menjadi dua hari. Pada hari pertama, materi diklat lebih condong pada pemaparan teori tentang kebencanaan, seperti ancaman bencana alam yang berpotensi terjadi di Kabupaten Bantul, manajemen penanggulangan bencana, sadar bencana, dan kerelawanan. Pada hari kedua, peserta diklat diajak untuk praktik langsung dalam simulasi jika terjadi bencana alam, seperti bagaimana melakukan pertolongan pertama pada korban bencana yang benar, bagaimana memotong dahan pohon jika ada pohon tumbang, dan bagaimana memadamkan api jika terjadi kebakaran.

(C. Hadisetya)

Komentar atas Peningkatan Keterampilan dan Kualitas Penanggulangan Bencana Alam

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

REALISASI APBKAL TAHUN ANGGARAN 2023

PESONA DESA WISATA WUKIRSARI

Desa Budaya Wukirsari

APBKAL TA 2024

Profil Desa Wukirsari

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License