Kilasan Pelaksanaan Merti Dusun Bendo 2019

19 November 2019 23:39:55 WIB

Senin, 18 November 2019 menjadi puncak agenda Merti Dusun Bendo 2019 atau pelaksanaan Merti Dusun Bendo yang ke-2. Momen puncak ini menyuguhkan pentas hiburan Campursari Sendang Arum dengan penyanyi Prawidi, Novi, Rara, dan Heny. Sebelum acara dimulai pun segenap tamu undangan dan masyarakat umum sudah dimanjakan terlebih dahulu dengan penampilan musik tradisional gejok lesung Sekar Rinonce. Klowor, dagelan dari Gunungkidul, juga turut berbaur memeriahkan pagelaran ini.

Pada hari sebelumnya, agenda Merti Dusun Bendo 2019 sudah diawali dengan beberapa rangkaian kegiatan, seperti ziarah leluhur, kenduri dusun, dan pengajian akbar. Kegiatan ziarah terbagi menjadi tiga tempat, yaitu makam Ngenthak, makam Bendo, dan makam Dadapan. Pembagian lokasi ziarah tersebut berdasarkan fakta sejarah yang menyebutkan bahwa leluhur-leluhur Dusun Bendo disemayamkan di ketiga makam tersebut.

Usai ziarah, panitia bersama tokoh masyarakat termasuk kaum atau pemuka agama di Dusun Bendo melakukan kenduri dan tahlil di Balai Dusun Bendo. Kegiatan ini dimaksudkan untuk mengirim doa kepada para leluhur serta sebagai ungkapan rasa syukur atas semua potensi, baik sumber daya alam dan manusia yang dianugerahkan kepada Dusun Bendo. Pada malam harinya, Ustaz Sutarjo dari Ngoro-oro, Gunungkidul, memberikan siraman rohani dengan gaya khas yang dimiliki beliau kepada seluruh jemaah yang hadir dalam acara pengajian akbar.

Meski Merti Dusun Bendo 2019 sudah mencapai agenda puncaknya, tetapi masih ada satu lagi agenda tambahan, yaitu pentas Jathilan yang akan dilaksanakan pada tanggal 24 November 2019 mendatang di perempatan RT 04 dan RT 08 Demi Gendengan, Dusun Bendo.

Komentar atas Kilasan Pelaksanaan Merti Dusun Bendo 2019

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

REALISASI APBKAL TAHUN ANGGARAN 2023

PESONA DESA WISATA WUKIRSARI

Desa Budaya Wukirsari

APBKAL TA 2024

Profil Desa Wukirsari

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License