Karang Taruna Mekar Bhakti Usung FGD Agar Diskusi Lebih Menarik dan Tidak Pasif

18 Januari 2020 23:30:38 WIB

Diskusi merupakan unsur utama dalam suatu forum musyawarah. Dalam diskusi idealnya terdapat interaksi timbal balik yang aktif antara moderator dengan peserta, maupun antarsesama peserta. Interkasi yang dimaksud yaitu penyampaian pendapat baik berupa kritik, saran, maupun hal lain yang berkaitan dengan topik diskusi. Namun, apa yang terjadi apabila dalam diskusi tidak ada dialog yang aktif antarpeserta diskusi? Hal inilah yang menjadi permasalahan di Karang Taruna Mekar Bhakti Dusun Nogosari 1 dan mungkin juga sebagian organisasi lainnya ketika melangsungkan musyawarah. Musyawarah yang berlangsung selama ini, belum ada dialog aktif antar anggota. Anggota cenderung tidak banyak mengutarakan pendapatnya dan hanya mendengarkan apa yang disampaikan oleh pemimpin musyawarah. Oleh sebab itu, putusan yang diambil pun akhirnya kurang optimal. 

 

Atas dasar permasalahan di atas, Ketua Karang Taruna Mekar Bhakti Nogosari 1, Syarif Hidayat, mencoba menerapkan metode baru agar diskusi berlangsung lebih hidup. Pihaknya mencoba menggunakan FGD (Focus Group Discussion) dalam musyawarah mulai Sabtu 18 Januari 2020. Para anggota dibagi dalam lima kelompok dengan masing-masing kelompok terdiri dari 5-6 orang. Wakil ketua karang taruna, Idwan Ismail, berkesempatan menjadi moderator dalam diskusi ini. Setiap kelompok diberikan waktu untuk berdiskusi dengan anggota kelompok mengenai topik yang telah ditentukan. Usai diskusi, perwakilan setiap kelompok diwajibkan untuk mempresentasikan hasil diskusi di depan forum. Hasil diskusi tersebut kemudian dibahas bersama dan menghasilkan suatu putusan. Dengan FGD, terbukti diskusi menjadi lebih hidup dan bermakna serta semua anggota dapat berpartisipasi menyampaikan pendapat tanpa rasa malu, takut, ataupun sungkan. 

 

 

(VA)

Komentar atas Karang Taruna Mekar Bhakti Usung FGD Agar Diskusi Lebih Menarik dan Tidak Pasif

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Desa Budaya Wukirsari

APBKAL TA 2024

Profil Desa Wukirsari

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License