Ngangsu Kawruh LPMD Wukirsari

01 Februari 2020 18:49:27 WIB

Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa (LPMD) Wukirsari sebagai salah satu Lembaga Kemasyarakatan Desa (LKD) selalu berusaha meningkatkan kapasitas agar lebih maksimal dalam berperan aktif di masyarakat. Dengan mengusung tema "Harmonisasi Kinerja LPMD Desa bersama Pemerintah Desa", LPMD Wukirsari pun melakukan kunjungan ke Desa Sendangsari, Pajangan, (1/2) untuk studi banding terhadap LPMD Sendangsari yang pada tahun 2019 menjadi juara ke-2 lomba LPMD se-Kabupaten Bantul. 

Kegiatan studi banding, yang oleh LPMD Wukirsari diistilahkan "ngangsu kawruh", disambut hangat oleh Camat Kecamatan Pajangan yang diwakili oleh Kasi Ekbang Kecamatan Pajangan, PJ Lurah Desa Sendangsari yang diwakili Kasi Pelayanan dan Kasi Pemerintahan Desa Sendangsari, serta segenap jajaran LPMD Sendangsari yang hadir dalam kegiatan ini.

"Kami LPMD Wukirsari mencari guru yang cocok, contoh yang cocok untuk kami tiru, kami adopsi, kami serap ilmunya untuk mengembangkan LPMD Wukirsari," ujar Widodo Supranoto, Ketua LPMD Wukirsari, dalam sambutannya. "Semoga apa yang ada di sini dapat kami serap untuk mengembangkan, memajukan LPMD Wukirsari," imbuhnya.

Dalam rangkaian studi banding, LPMD Sendangsari menyuguhkan paparan terkait profil, program kerja, dan capaian kegiatan-kegiatan LPMD Sendangsari yang telah dilaksanakan selama beberapa tahun terakhir. Bahkan, usai sesi tanya jawab berlangsung, LPMD Sendangsari menampilkan video ketoprak yang seluruh pemainnya merupakan pengurus LPMD Sendangsari. Pertunjukan ketoprak tersebut disuguhkan dalam acara Hari Jadi Desa Sendangsari 2019.

Sebagai pamungkas acara yang berlangsung di Pendopo LPMD Sendangsari ini, dilakukan tukar cendera mata dari masing-masing LPMD. Meski tidak dikoordinasikan sebelumnya, kedua LPMD memberikan cendera mata sama, berupa wayang. Hanya saja, wayang yang diberikan LPMD Wukirsari berbentuk gunungan berbahan dasar kulit sedangkan LPMD Sendangsari berbentuk tokoh wayang dari kayu. Keduanya memiliki filosofi, juga merupakan produk lokal dari masing-masing desa.

 

C. Hadisetya

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Transparansi APBDes

Profil Desa Wukirsari