Diresmikan Hari Ini, Watu Hangga Kini Jadi Destinasi Wisata Baru di Wukirsari

Administrator 28 Oktober 2020 18:40:15 WIB

Rabu (28/10) bertempat di Dusun Karangtalun, Desa Wukirsari, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul telah dilaksanakan acara Peresmian dan Penandatanganan Prasasti Desa Binaan Kawasan Wisata Budaya Watu Hangga Karangtalun Pucung Wukirsari. Acara ini terselenggara atas kerjasama dari Pemerintah Desa Wukirsari, LPMD Desa Wukirsari dan Karang Taruna Cakra Karta Dusun Karangtalun dengan UPN Veteran Yogyakarta. 

 

Tamu undangan yang hadir dalam acara tersebut yakni Dr. Drs M. Irhas Efendi. M.Si. (Rektor UPN Veteran Yogyakarta), H. Abdul Halim Muslih (Cabup Kab.Bantul No 1), Drs. H. Totok Sudarto, M.Pd. (Cawabup Kab.Bantul No 2), Nur Subiantoro. S.Kom. (Wakil Ketua 1 DPRD Kab.Bantul), Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kab. Bantul, Forkompimcam Kecamatan Imogiri, Susilo Hapsoro, S.E. (Lurah Desa Wukirsari), Bp. Andi (Abdi Dalem Puroloyo), Ibu Dewi Imawati, A.Md. (Dukuh Karangtalun), Pamong Desa Wukirsari, Tokoh Masyarakat Desa Wukirsari, Pengurus LPMD Desa Wukirsari, Keamanan Garda Pucung, Rapi Imogiri, dan Ormas Pemuda Pancasila Imogiri.

 

Acara dimulai pada pukul 09.30 WIB diawali dengan pembukaan dan dilanjutkan dengan Pengguntingan Tali Pita Gapura "Berantama" Karangtalun oleh Dr. Drs. M. Irhas Efendi, M.Si. (Rektor UPN Veteran Yogyakarta) dilanjutkan dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya serta Lagu Mars Bela Negara.

 

Memasuki acara berikutnya yakni ada beberapa sambutan dari perwakilan panitia penyelenggara, serta Pemerintah Desa Wukirsari dan juga dari pihak UPN Veteran Yogyakarta. 

 

Sambutan Ibu Dewi Imawati, A.Md. selaku Dukuh Karangtalun, menyampaikan selamat datang kepada tamu undangan yang telah hadir dalam peresmian Kawasan Wisata Budaya Watu Hangga Karangtalun Pucung Wukirsari. Beliau menyampaikan, "Saya mewakili Pengurus Wisata Watu Hangga memohon maaf apabila dalam menyediakan tempat kurang berkenan. Semoga kegiatan pagi siang ini dapat berjalan dengan baik, lancar dan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat lokal dengan adanya obyek wisata ini. Dan juga tak lupa saya ucapkan terima kasih kepada segenap tim, panitia dan pengurus wisata ini yang telah berjuang dan mengupayakan berbagai hal selama beberapa bulan terakhir hingga akhirnya hari ini acara dapat berjalan sebagaimana mestinya dan dapat diresmikan sebagai salah satu obyek wisata budaya di Wukirsari ". Beliau juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dr. Drs. M. Irhas Efendi. M.Si. selaku Rektor UPN Veteran Yogyakarta yang tadi sudah melakukan pemotongan pita di Gapura Berantama Karangtalun sebagai simbol dibukanya acara ini. Dan sedikit perlu diketahui pembuatan Wisata Watu Hangga ini menggunakan dana swadaya masyarakat dengan total keseluruhan menghabiskan dana Rp 149.000.000,- meliputi pembuatan gapura dan cor blok jalan menuju lokasi Wisata Budaya Watu Hangga.

 

Sambutan dari Bapak Susilo Hapsoro, S.E. selaku Lurah Desa Wukirsari, beliau mengucapkan "Selamat datang kepada tamu undangan yang hadir, saya atas nama Pemerintah Desa Wukirsari mengucapkan terima kasih kepada pihak UPN Veteran Yogyakarta yang telah mempercayai kami dan bersedia melakukan pendampingan selama beberapa bulan terakhir. Dan ini tentunya merupakan suatu kehormatan dengan hadirnya Bapak Dr. Drs. M. Irhas Efendi, M.Si. selaku Rektor UPN Veteran Yogyakarta yang akan meresmikan dan menandatangani prasasti Wisata Budaya Watu Hangga di bawah binaan Univeritas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta. Semoga dengan dibukanya objek wisata baru di Dusun Karangtalun ini nantinya dapat menarik wisatawan lokal maupun luar sehingga dapat membantu meningkatkan perekonomian warga masyarakat sekitar". 

 

Sambutan yang terakhir yang sekaligus dilanjut dengan penandatanganan prasasti yakni oleh Dr. Drs. M. Irhas Efendi, M.Si. selaku Rektor UPN Veteran Yogyakarta. Dalam sambutannya beliau berterimakasih atas tempat dan waktu yang telah disediakan, "Saya merasa bangga telah dipercaya oleh Warga Dusun Karangtalun dalam pemotongan pita dan penandatanganan prasasti Wisata Budaya Watu Hangga ini. Marilah kita bersama-sama membangun objek wisata lokal yang kiranya berpotensi untuk lebih menarik wisatawan wisatawan lokal maupun interlokal. Semoga Wisata Budaya Watu Hangga kedepanya dapat berkembang dengan ide-ide hebat dan tangan-tangan kreatif warga masyarakat setempat. Dan jangan sampai terlupakan, semua aktivitas disini nantinya harus sesuai dengan nilai nilai bela negara, seperti rela berkorban untuk bangsa dan negara termasuk untuk Desa Wukirsari serta menjunjung nilai budaya yang ada". 

 

Tepat pukul 11.15 WIB acara diakhiri dengan sesi foto bersama di Lokasi Watu Hangga dengan diiringi musik gamelan dari Kelompok Selawatan Jawa "Mudo Palupi Laras" Dusun Karangtalun Desa Wukirsari juga sembari mengunjungi beberapa _stand_ yang telah disiapkan di lokasi yakni _stand_ perkutut, anyaman bambu, tatah sungging, kuliner, langen perkutut sawojajar serta foto-foto kegiatan selama proses pembangunan objek wisata tersebut.

 

 

 

(N.Tria Wijaya)

Red : D. E. Oktamara

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Transparansi APBDes

Profil Desa Wukirsari