Pemerintah Desa Wukirsari Gelar Musrenbangdes Tahun 2021

Administrator 03 November 2020 13:24:27 WIB

Pemerintah Desa Wukirsari menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdesa) dalam rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKP Desa) Tahun 2021 pada Senin (2/11/2020). Musyawarah berlangsung mulai pukul 20.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB di Balai Desa Wukirsari.

Acara ini dihadiri oleh Bapak Pambudi Arifin R, S.IP sebagai Kabid Pemberdayaan Masyarakat dan Desa DPPKBPMD Kabupaten Bantul, Pendamping Desa Kecamatan Imogiri, Ketua BPD Desa Wukirsari dan jajarannya, Lurah Desa Wukirsari beserta jajaran Pamong Desa Wukirsari, Tim Verifikasi RKP Desa Wukirsari Tahun 2021, Perwakilan LKD Desa Wukirsari (Karang Taruna Desa Wukirsari, PKK Desa Wukirsari, LPMD Desa Wukirsari), Babinsa dan Bhabinkamtibmas Desa Wukirsari, serta Perwakilan Tokoh Masyarakat Desa Wukirsari.


Carik Desa Wukirsari sekaligus Ketua Panitia RKP Desa Wukirsari Tahun 2021, Ibu Maryanti, dalam sambutannya menyampaikan banyak terima kasih kepada tamu undangan yang sudah 'kersa rawuh' memenuhi undangan. Beliau juga menyampaikan kata maaf jika banyak kekurangan dalam menyiapkan tempat maupun fasilitas lainnya. "Musrenbangdes tahun ini tidak seperti tahun tahun sebelumnya dikarenakan kondisi saat ini sedang Pandemi Covid-19 maka tamu undangan yang kami undang hanya terbatas", ucap Carik Desa Wukirsari.


Penyusunan RKP Desa (Rencana Kerja Pemerintah Desa) saat ini sudah sampai di tahap Musrenbangdes. Tahapan-tahapan sebelumnya mulai dari penyusunan draf sudah melalui proses yang cukup panjang. Adapun beberapa hal yang dibahas yakni berkaitan dengan Stunting, Penanganan Sampah, RTLH, Pembangunan Berkelanjutan, UEP, dan Profil Desa Desa Wukirsari serta berbagai kegiatan ataupun program untuk keberlangsungan Desa Wukirsari agar semakin sejahtera dan mendunia.

Lurah Desa Wukirsari, Bapak Susilo Hapsoro, S.E, menyampaikan beberapa hal saat memberikan sambutan, "Semoga apa yang direncanakan untuk tahun 2021 nantinya bisa terealisasi dan dapat meningkatkan pembangunan di Desa Wukirsari.
Untuk tahun ini anggaran dititikberatkan pada penanganan Covid-19 termasuk BLT DD kepada masyarakat yang membutuhkan namun kita masih bisa menganggarkan untuk stunting juga RTLH, dan tahun depan kita akan lebih fokus ke kesehatan di Desa Wukirsari. Dari kegiatan fisik 50% di tahun kemarin akan dikurangi dan lebih diperbanyak kegiatan pemberdayaan yang tentunya mengacu pada adaptasi kebiasaan baru sesuai dengan Permendesa PDTT 13 Tahun 2020 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2021". Beliau juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh elemen masyarakat yang selama ini sudah banyak memberikan dukungan kepada Pemerintah Desa Wukirsari karena tanpa dukungan dari berbagai pihak, semua kegiatan tidak akan berjalan lancar dan masukan masukan tetap akan kami tampung sesuai dengan skala prioritas.


Nunu Saputra sebagai Ketua Tim Verifikasi RKP Desa Wukirsari Tahun 2021 memaparkan rangkuman-rangkuman dan draf yang sudah melewati banyak proses dan siap untuk disahkan di acara Musrenbangdes. Nita Yuniati yang diamanahi tugas dan ditunjuk sebagai Kader Pembangunan Manusia (KPM) Desa Wukirsari membacakan data evaluasi kegiatan dan mencocokkan anggaran untuk tahun 2021.


Pambudi Arifin R, S.IP Kabid Pemberdayaan Masyarakat dan Desa DPPKBPMD Kabupaten Bantul sedikit menyampaikan arahan dan paparan dalam acara Musrenbangdes tersebut.
"Dari apa yang sudah disampaikan Tim Verifikasi terkait penggunaan Anggaran Dana Desa semoga sudah sesuai dengan skala prioritas masing-masing. Yang pasti untuk tahun 2021 yang juga sudah sedikit disampaikan oleh pak Susilo tadi yakni harus mengacu dan sesuai dengan Permendesa PDTT 13 tahun 2020 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2021 yang masih diwarnai dengan perbaikan dampak Pandemi Covid-19. Di Permendesa ini mengatur tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa dan Pedoman Umum Pelaksanaan Penggunaan Dana Desa Tahun 2021".

Beliau juga menambahkan, "Untuk Desa Wukirsari harapannya semoga PADES di Tahun 2021 bisa lebih dioptimalkan lagi dan sedikit informasi nantinya akan ada perubahan untuk alokasi kinerja, sekarang hampir 280jt bagi desa yang mendapatkan alokasi tesebut".


Musrenbangdes kemudian ditutup usai penandatangan berita acara oleh Lurah Desa Wukirsari, Ketua BPD Desa Wukirsari, Perwakilan LKD Desa Wukirsari dan Tokoh Masyarakat.


(N. Tria Wijaya)

Red: VA

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Transparansi APBDes

Profil Desa Wukirsari