Sarasehan Lingkungan Hidup dan Kebencanaan Desa Wukirsari

Administrator 23 November 2020 19:47:31 WIB

Senin (23/11), pukul 09.00 di Desa Wukirsari diadakan acara sarasehan lingkungan hidup dan kebencanaan. Acara ini dihadiri oleh Bapak/Ibu Dukuh Wukirsari, anggota LPMD, angota Relawan FPRB Bima Sakti, anggota Linmas, serta tokoh masyarakat pencinta lingkungan.

Awal sarasehan dibuka oleh Bapak Fery Satyawan , S.T.selaku Kasi Pemerintahan Desa Wukirsari. Dalam sambutannya, beliau mengucapkan terima kasih kepada Bapak Hartanto, S.E. dan Bapak Andi Suryono, S.Sos. dari IPPMI DIY yang telah menghadiri sarasehan pada hari tersebut.

Pada sarasehan pertama disampaikan tentang kebencanaan yang disampaikan oleh Bapak Aka Lukluk F dari BPBD Kabupaten Bantul. Beliau menyampaikan pada awal musim penghujan ini, bencana yang sering terjadi di wilayah Wukirsari adalah tanah longsor dan banjir. Hal yang perlu disiapkan adalah keluarga si TaTang dan tas kebencanaan. Keluarga Si TaTang adalah Keluarga yang Siap Tanggap-Tangguh dalam mengantisipasi bencana dan tas kebencanaan yang dipersiapkan setiap saat ketika terjadi bencana. Hal-hal ini patut kita laksanakan karena di wilayah kita terletak pada cincin api dan lempeng bumi.

Selanjutnya dari Dinas Lingkungan Hidup yang menyampaikan adalah Bapak Sukirman, S.P., beliau menyampaikan tentang penting anugerah air pemberian Tuhan. Selain digunakan, kita harus pandai-pandai menyimpannya, seandainya tidak kita simpan mungkin anak cucu kita akan kebingungan mencari air, saat ayah ibu kita dulu mengambir dari lubang yg di gali sekitar 0.5 meter bisa langsung digunakan, setelah itu ada sumur gali (yang saat ini sering mengalami kekeringan) dan sekarang muncul sumur bor. Kelak anak cucu kita akan menggunakan air yang ada di udara dengan menggunakan alat dan bisa langsung diminum mungkin itu solusinya, tetapi antisipasi kita seandainya pohon di alam ini habis apakah akan ada H²O di udara, salah satu penyimpan air yang ada di muka bumi ini adalah pohon yang akan menjadi tabungan kita untuk kelestarian air yang kita gunakan. Pohon yang bagus untuk menyimpan air adalah pohon yang getahnya putih, dikarenakan akarnya bisa menembus sampai panjang kedalam lapisan tanah dan menahan longsor dan sirkulasi debit air di dalam tanah, dan juga tanaman semak yg bisa menahan longsor adalah pohon vetiver.

Demikian sarasehan ini dilanjutkan dengan penyerahan bibit pohon beringin jawa dan pohon gayam serta alat pembuat lubang biofori oleh IPPMI DIY.

 

 

PNJ

Red : D.E. Oktamara

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Transparansi APBDes

Profil Desa Wukirsari