Temu Bisnis Pariwisata "Kotagede Amazing Race"

Administrator 27 Mei 2021 06:11:58 WIB

Rabu (26/5), dalam rangka Table Top bersama pelaku bisnis pariwisata sekaligus bazar hasil produk UMKM dan penutupan serangkaian acara temu bisnis pariwisata yang dilaksanakan sejak Selasa, 25 Mei 2021, Dinas Pariwisata Bantul bekerjasama dengan Dinas Kebudayaan Bantul, Dinas Koperasi UKM dan Perindustrian Kabupaten Bantul menggelar acara Temu Bisnis Pariwisata dengan mengusung tema "Kotagede Amazing Race". Acara ini dilaksanakan di Gazebo Batik Desa Wisata Wukirsari dan dihadiri oleh Dinas Pariwisata Bantul, Dinas Kebudayaan Bantul, Dinas Koperasi, UKM, dan Perindustrian Bantul, Lurah Wukirsari, Forkom Homestay, Forkom Pokdarwis, dan Forkom Desa Wisata dari berbagai daerah seperti Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, serta pelaku UMKM dari Kalurahan Wukirsari.

Rombongan peserta yang telah tiba di Gazebo Batik Giriloyo disambut oleh gejog lesung ibu-ibu dari Kalurahan Wukirsari sembari dilakukan pengecekan suhu sebelum masuk sebagai protokol kesehatan yang ditetapkan. Selanjutnya, tamu diarahkan untuk keliling melihat dan mencicipi aneka produk UMKM Wukirsari seperti ceriping gadung andalan Wukirsari, teh gurah, bakpia khas Wukirsari, showroom batik tulis, kerajinan rajut, kerajinan wayang kulit, dan aksesoris/pernak-pernik handmade warga Wukirsari.
Setelah puas berkeliling, peserta kemudian diajak untuk membatik kain dengan canting yang telah digambar pola sederhana bersama ibu-ibu Paguyuban Batik Giriloyo sampai proses pewarnaan. Sembari menunggu proses pengeringan kain yang telah diwarna, acara penutupan Kotagede Amazing Race pun dimulai. Bapak Susilo Hapsoro, S.E., selaku Lurah Wukirsari, dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat acara ini sehingga Desa Wisata Wukirsari dapat menjadi destinasi akhir dari serangkaian acara selama dua hari. Desa Wisata Wukirsari yang merupakan pemenang best of the best dalam lomba desa wisata pada tahun 2019 mempunyai banyak spot yang mengusung tema edu wisata. Kondisi pandemi yang belum juga mereda ini membuat pelaku wisata khususnya di Wukirsari terhambat aktivitasnya. Harapannya, di tahun ini wisata di Wukirsari dan Bantul pada umumnya dapat bergeliat kembali untuk kesejahteraan masyarakat.
Sekretaris Dinas Koperasi, UKM dan Perindustrian Kabupaten Bantul Ibu Ir. Yunianti Setyorini, M.Sc. dalam sambutannya menyampaikan bahwa acara Kotagede Amazing Race yang diadakan dalam dua hari ini baru beberapa destinasi wisata yang ada di Kabupaten Bantul. Padahal, di Kabupaten Bantul mempunyai puluhan destinasi wisata yang masing-masing mempunyai ciri khas daerahnya. Selanjutnya, salah satu peserta dari Jawa Timur menyampaikan kesan pesannya selama mengikuti acara ini. Table top yang digelar di dalam bus untuk pertama kalinya di Bantul ini dapat dilanjutkan kembali, mengingat akan banyak interaksi antara seller dan buyer sehingga harapannya promosi dan penjualan wisata dapat lebih dijangkau lebih luas lagi. Hal ini juga telah dilakukan di tingkat nasional dengan acara serupa untuk temu pelaku wisata dari berbagai daerah di Indonesia.


SH

Red: D. E. Oktamara

Komentar atas Temu Bisnis Pariwisata "Kotagede Amazing Race"

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

REALISASI APBKAL TAHUN ANGGARAN 2023

PESONA DESA WISATA WUKIRSARI

Desa Budaya Wukirsari

APBKAL TA 2024

Profil Desa Wukirsari

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License