Wukirsari Ikuti Akreditasi Rintisan Desa Budaya 2021

Administrator 16 November 2021 17:46:34 WIB

Rintisan Desa Budaya. Ya, berkaitan dengan istilah tersebut, Kapanewon Imogiri mengusulkan Kalurahan Wukirsari untuk maju mengikuti seleksi Rintisan Desa Budaya. Dengan sigap Lurah Kalurahan Wukirsari membentuk Tim Rintisan Desa Budaya Wukirsari untuk mempersiapkan berbagai hal yang tentunya menjadi bagian dari aspek penilaian. Kurang lebih 2 minggu penuh, Tim Rintisan Desa Budaya Wukirsari bekerja dan mempersiapkan berbagai hal mulai dari data, berkas, hingga dokumentasi pelengkap dengan sangat maksimal.

Senin (15/11), tibalah waktu yang dinantikan oleh Lurah Wukirsari dan Tim Rintisan Desa Budaya Wukirsari. Kalurahan Wukirsari kedatangan tamu dari Kundha Kabudayan atau Dinas Kebudayaan Kabupaten Bantul, lebih tepatnya Tim Penilai atau Tim Verifikasi Rintisan Desa Budaya Tahun 2021. Kalurahan Wukirsari menyambutnya di Gazebo Batik Giriloyo. Kedatangan mereka disambut lantunan musik selawat jawi dari Kelompok Palupi Laras asli Wukirsari. Tidak hanya selawat jawi, ada juga beberapa pengrajin batik tulis asli Wukirsari yang sedang membuat batik tulis di Kompleks Gazebo Batik Giriloyo.

Acara dibuka oleh pembawa acara dengan pelafalan bahasa Jawa, semacam menunjukkan ke tim verifikasi bahwa bahasa Jawa krama inggil masih sangat dilestarikan di Wukirsari.

Lurah Wukirsari menyampaikan sambutan dan ucapan selamat datang yang dilanjutkan dengan pemaparan materi tentang Kalurahan Wukirsari. Setelah Lurah Wukirsari selesai memaparkan materi, Tim Rintisan Desa Budaya Wukirsari menampilkan sebuah karya sederhana yakni video profil Kalurahan Wukirsari.

Selanjutnya, Tim Verifikasi mulai melakukan penilaian dan pengecekan data. Ada 5 bidang yang dinilai, yakni Adat Tradisi; Bahasa, Sastra, dan Aksara; Kerajinan, Kuliner, dan Pengobatan Tradisional; Kesenian dan Permainan Tradisional; Ruang dan Bangunan serta Warisan Budaya.

Acara verifikasi berjalan selama satu jam. Masing-masing bidang telah melewati proses penilaian dengan baik dan lancar. Sebelum ditutup, perwakilan dari Kundha Kabudayan atau Dinas Kebudayaan Kabupaten Bantul menyampaikan sedikit rangkuman dari hasil penilaiannya dan apresiasi yang luar biasa diberikan kepada Kalurahan Wukirsari untuk segala hal yang telah dipersiapkan dan dikemas dengan hebat dalam hal Rintisan Desa Budaya.
"Wukirsari ini sudah sangat kaya akan budaya. Tinggal dikemas dan dikembangkan dan dilestarikan lebih lagi." Sedikit kalimat yang membuat Tim Rintisan Desa Budaya Wukirsari sontak terkesima dan mampu menambah semangat juang.

Rampungnya acara ditandai dengan ramah tamah tanpa berjabat tangan dan dibersamai lantunan musik selawat jawi menambah suasana asri dan ramah Kalurahan Wukirsari.


(N. Tria Wijaya & M. Arif Repawan)
Red: D.E. Oktamara

Komentar atas Wukirsari Ikuti Akreditasi Rintisan Desa Budaya 2021

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

REALISASI APBKAL TAHUN ANGGARAN 2023

PESONA DESA WISATA WUKIRSARI

Desa Budaya Wukirsari

APBKAL TA 2024

Profil Desa Wukirsari

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License