Peringati Hari Peduli Sampah Nasional, Padukuhan Manggung Launching Perdana Bank Sampah Pesona 05

Media Wukirsari 28 Februari 2024 16:26:47 WIB

 

Minggu (25/02/2024), bertempat di Joglo Harsoyo RT 05 Padukuhan Manggung, Kalurahan Wukirsari digelar acara Launching Perdana Bank Sampah sekaligus memperingati Hari Peduli Sampah Nasional yang jatuh pada tanggal 21 Februari lalu. Acara ini merupakan hasil kolaborasi antara Masyarakat Padukuhan Manggung khususnya RT 05, KSM Pilah Berkah Imogiri dan Mahasiswa KKN yang ada di Kalurahan Wukirsari. 

Dalam acara ini, juga diberikan contoh nyata sebuah penerapan pemberdayaan pilah sampah dari rumah tangga dan material bahan baku daur ulang, baik dari bahan organik maupun non organik. Masyarakat Padukuhan Manggung khususnya RT 05 ini telah menjadi contoh dari aksi darurat sampah dengan menjalankan upaya daur ulang limbah rumah tangga. Dengan adanya kegiatan semacam ini harapannya dapat menjadi inspirasi bagi wilayah-wilayah lain yang ada di Kalurahan Wukirsari untuk mulai aktif dalam menjalankan daur ulang limbah rumah tangga sehingga dapat mengurangi darurat sampah di masa depan. 

 

Hadir dalam acara ini, diantaranya: 

1. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bantul 

2. Ketua FPRB Kabupaten Bantul

3. Perwakilan dari Polsek Kapanewon Imogiri 

4. Perwakilan dari UPY 

5. Perwakilan dari UCY

6. Lurah Wukirsari

7. Pamong Wukirsari

8. Ketua Pengelola Bank Sampah Pesona 05 Padukuhan Manggung

9. Direktur KSM Pilah Berkah Imogiri 

10. Mahasiswa KKN se-Kalurahan Wukirsari

11. Masyarakat Padukuhan Manggung 

 

Acara ditutup dengan penyerahan secara simbolis "Tempat Sampah, Buku Tabungan, Microba dan Buku Saku Bank Sampah". Penyerahan secara simbolis tersebut diberikan dari Lurah Wukirsari kepada Ketua Pengelola Bank Sampah Pesona 05, didampingi Direktur KSM Pilah Berkah Imogiri. 

Kemudian dilanjutkan dengan "Tanda Tangan Komitmen Bersama", penandatanganan Komitmen Bersama tersebut merupakan pernyataan komitmen untuk Mengolah Sampah Tuntas Skala Rumah Tangga di Wilayah Kalurahan Wukirsari khususunya Padukuhan RT 05 Manggung termasuk Anggota Bank Sampah Pesona 05 Manggung sebagai RT Percontohan. 

 

Untuk Penandatanganan yang pertama yakni Kepala Dinas Lingkungan Hidup Bantul, Lurah Wukirsari, Ketua FPRB Bantul, Perwakilan Polsek Imogiri, Direktur KSM Pilah Berkah Imogiri, Ketua Pengelola Bank Sampah Pesona 05 Manggung dan dilanjutkan penandatanganan oleh seluruh warga masyarakat Padukuhan Manggung yang hadir dalam acara tersebut. 

 

 

 

(N. Tria Wijaya & Meta K. Wibi) 

 

 

 

 

 

 

Komentar atas Peringati Hari Peduli Sampah Nasional, Padukuhan Manggung Launching Perdana Bank Sampah Pesona 05

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

REALISASI APBKAL TAHUN ANGGARAN 2023

PESONA DESA WISATA WUKIRSARI

Desa Budaya Wukirsari

APBKAL TA 2024

Profil Desa Wukirsari

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License